Lihat ke Halaman Asli

Kriteria Calon Presiden RI Tahun 2009-2014 bag. 2

Diperbarui: 26 Juni 2015   20:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

B.    Menuju  Era  Pemimpin Baru

Sebentar lagi bangsa Indonesia akan melangsungkan Pemilihan Umum untuk kembali memilih seorang Presiden periode tahun 2009-2014 (Presiden RI ke-7). Berkaca dari setiap pergantian Presiden yang penuh dinamika baik/buruk dan kondisi bangsa yang miris (khususnya dibidang ekonomi, korupsi), adalah sepatutnya dipilih seorang Presiden yang mampu mengatasi permasalahan bangsa ini, minimal bisa mengurangi beban persoalan bangsa yang menumpuk. Karena, siapapun Presiden terpilih nanti, haruslah seorang Presiden yang berani/tegas dan siap mental rohani/jasmani, serta relatif orang yang tidak bermasalah baik secara pribadi atau sebagai pejabat.

Mencermati permasalahan utama bangsa Indonesia (poin II.A), dibutuhkan kriteria Capres yang dapat mengatasi masalah tersebut. Untuk mengatasi permasalahan dominan bangsa ini ada 5 (lima) kriteria utama yang harus dimiliki Capres mendatang, yaitu:


  1. Mempunyai Visi dan Misi yang sesuai dengan kondisi bangsa Indonesia dan konsiten melaksanakannya.
  2. Mempunyai Karakter Kepemimpinan dan Jiwa Nasionalisme yang tinggi.
  3. Berani dan Tegas.
  4. Mempunyai pengalaman dibidang pemerintahan wilayah dan dinilai berhasil.
  5. Relatif tidak bermasalah, baik secara pribadi ataupun sebagai pejabat/tokoh masyarakat.


Memang banyak kriteria lain yang tentu bisa mandukung 5 (lima) kriteria di atas, namun dalam mengatasi masalah utama bangsa ini, kriteria tersebut dapat dijadikan dasar yang lebih konkrit menangani permasalahan yang ada. Tanpa kelima kriteria tersebut melekat pada setiap Capres, tipis kemungkinan Capres yang tepilih mampu mengatasi persoalan bangsa ini.

C.    Capres yang Mempunyai Peluang

Dari pandangan umum selama ini, baik melalui media cetak ataupun elektronik dari hasil survey/polling yang dilakukan oleh beberapa badan survey, ada 5 (lima) nama yang sering mencuat dan berpeluang menjadi Presiden RI ke-7, yaitu:


  1. Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY)
  2. Megawati Soekarnoputri
  3. Prabowo S.
  4. Wiranto
  5. Sri Sultan Hamengkubuwono IX


Terlepas dari hasil survey/polling tersebut belum dapat dijadikan sebagai indikator yang bisa diterima oleh banyak pihak, nama-nama Capres yang disebut tadi sering muncul di Media. Memang ada nama-nama lain yang muncul, seperti Jusuf Kalla, Akbar Tanjung, Amien Rais, Din Syamsudin, Yusril Ihza Mahendra, Sutrisno Bachir, dan lain-lain. Namun banyak pendapat yang muncul, mereka yang disebut tadi lebih sesuai menjadi Wakil Calon Presiden.

Bila kita menilai ke-lima Capres yang mengemuka saat ini dikaitkan dengan ke-lima kriteria Capres mendatang, masing-masing Capres memiliki kelebihan dan kekurangan, sebagaimana tergambar dalam Tabel dibawah ini:

No.

Kriteria Capres

SBY

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline