Lihat ke Halaman Asli

Hayati

nutritionist'19 of UNUSA

Insecure, Kenapa Harus Diet?

Diperbarui: 7 Desember 2020   09:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Diet Biasanya dilakukan orang-orang yang merasa berat badannya sudah melebihi batas berat badan ideal atau merasa insecure, atau untuk orang-orang yang sedang sakit.

Apa sih diet itu?

Diet merupakan suatu cara untuk menurunkan berat badan. Diet secara umum biasanya ada dua, yaitu diet sehat dan diet tidak sehat. Semakin canggihnya teknologi informasi, mempermudah orang-orang untuk melakukan diet sehat secara mandiri tetapi tidak dapat dipungkiri jika masih ada segelintir orang yang tetap melakukan diet yang tidak sehat. 

Diet tidak sehat seperti diet ketat biasanya dilakukan orang-orang yang ingin menurunkan berat badan secara cepat dan mengabaikan apakah diet tersebut aman ataupun tidak untuk kesehatan dirinya. Seharusnya diet yang dilakukan itu adalah diet sehat yang aman untuk kesehatannya dan tidak memiliki efek samping. Selain dapat menurunkan berat badan secara cepat dan sehat, juga dapat mencegah adanya penyakit di tubuhnya.

Apakah diet sehat itu harus datang ke ahli gizi?

Diet sehat itu biasanya orang-orang memang datang ke ahli gizi, tapi tak salah jika ingin melakukan diet sehat itu secara mandiri. Untuk melakukan diet sehat biasanya dimulai dengan beberapa hal, pertama yang harus kita lakukan ialah mengatur pola makan dan cara makan kita, yaitu dengan mengurangi porsi makanan dan memperlambat cara makan kita agar semakin sedikit makanan yang masuk ke tubuh maka semakin sedikit kalori yang kita konsumsi. 

Yang kedua, dilanjutkan dengan memenuhi kebutuhan air putih yang cukup, biasanya kita butuh 2 liter air putih dalam sehari atau setara dengan 8 gelas dalam sehari. 

Kemudian kita menambahkan asupan protein ke dalam porsi makanan yang akan di makan, karena dengan bertambahnya protein kedalam tubuh maka semakin cepat kita merasa kenyang. Kemudian kita harus memperbanyak sayuran hijau kedalam porsi makanan kita agar meminimalisir kalori yang masuk kedalam tubuh. Yang terakhir Kita harus Lebih banyak beraktivitas saat melakukan diet dan menjaga pola tidur yang sehat dan teratur.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, Terimakasih sudah membaca :) Dengan membaca tulisan ini, kalian sudah mendukung dan memberi semangat kepada saya untuk menulis kembali :)

See you guys!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline