Lihat ke Halaman Asli

Abdul Hawil Abas

Mahasiswa Biologi

10 Spesies Hewan yang Dinyatakan Punah, Eh Hidup Lagi

Diperbarui: 26 April 2021   17:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Alam berisikan berbagai macam hewan yang hidup didalamnya, semua hewan makan, berkembang biak, berinteraksi dengan sekitarnya hingga oleh suatu sebab menyebabkan mereka punah, kemudian terkubur diam-diam selama beberapa tahun sampai kemudian ditemukan fossil nya oleh para paleontologis.

Walaupun banyak sekali hewan telah dinyatakan punah, nyatanya masih ada beberapa hewan yang kemudian ditemukan kembali. Hal ini sering kali terjadi, bahkan dalam paleontologi, hal ini dinamakan dengan Takson Lazarus, yaitu sebuah takson yang menghilang kemudian beberapa periode selanjutnya muncul kembali.

Hal ini balik lagi kepada kemampuan manusia dalam mengobservasi hutan dan lautan, tentu saja tidak bisa sempurna sehingga ketika suatu spesies sudah lama tidak terlihat, isu-isu punah pun dikeluarkan.

Berikut adalah 10 spesies hewan yang "hidup kembali" setelah dinyatakan punah.

1. Tarsius Kerdil (Tarsius pumilus) di Sulawesi Tengah, Indonesia


Anda pasti pernah mendengar soal tarsius bukan?

Tarsius Kerdil atau dalam bahasa inggris dikenal dengan pygmy tarsier adalah hewan kecil yang imut namun juga menyeramkan karena nokturnal dan memiliki cakar. Namun yang lebih penting, mereka baru ditemukan kembali setelah 80 tahun menghilung. Tarsius kerdil terakhir kali tercatat pada tahun 1921. Setelah 80 tahun tidak terlihat, para ilmuwan yakin spesies tersebut punah. 

Kemudian pada tahun 2000, 2 ilmuwan Indonesia memasang perangkap tikus di hutan dan secara tidak sengaja menangkap dan membunuh seekor tarsius kerdil. Baru pada tahun 2008 tiga spesimen hidup ditemukan dan dicatat, akhirnya resmi dinyatakan bahwa primata yang menggemaskan ini masih hidup.

2. Burung Beo Malam (Pezoporus occidentalis) di Australia


Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline