Lihat ke Halaman Asli

Chandra Ikut Periksa Nazarudin? "Maling Interogasi Maling"

Diperbarui: 26 Juni 2015   02:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Komite Etik KPK mengizinkan Chandra M. Hamzah untuk ikut memeriksa Nazarudin, sebab menurut Komite Etik KPK, akan dirasa tidak adil kalau Chandra diwajibkan mundur sedangkan seluruh anggota KPK merupakan terperiksa Komite Etik.

menurut anggota Komite Etik KPK Said Zaenal Abidin (minggu/14/08/2011), apabila salah seorang pimpinan dilarang memeriksa Nazaruddin dengan alasan sedang diperiksa oleh Komite Etik, sudah pasti kurang adil. Pasalnya, pimpinan KPK yang diperiksa bukan Chandra seorang, melainkan seluruhnya."Kalau pimpinan KPK nggak boleh memeriksa KPK, itu nanti mereka nggak bisa bergerak," tandas Said. "Nanti kalau dianggap ada konflik kepentingan terhadap Chandra saja nggak adil, karena yang diperiksa semuanya," Komite Etik KPK hanya menghimbau agar nanti pada saat pemeriksaaan Nazaruddin menjelaskan perihal pertemuan dengan Chandra, Chandra harus mundur dari pemeriksaan.

sungguh sangat disayangkan apabila ini dilakukan Chandra M. Hamzah ikut memeriksa Nazarudin, ini sama saja dengan "Maling nanyain Maling" alias jeruk makan jeruk.

Chandra M. Hamzah adalah orang yang bertemu dengan Nazarudin, disebut-sebut terlibat dalam nyanyian Nazarudin terlibat dalam beberapa kasus, bahkan adanya pertemuan ini sudah di akui sendiri oleh Benny K Harman, mantan kolega Nazarudin di DPR dan Partai Demokrat.

lalu, kenapa Chandra  harus terlibat dalam pemeriksaan Nazarudin?,

bukankah KPK lembaga yang besar, tidak tergantung orang per orang, kenapa harus Chandra?, apa tidak ada orang lain di KPK?, setidaknya orang KPK yang memeriksa itu tidak terlibat perseteruan dengan Nazarudin.

hmmmm....KPK ternyata memang benar-benar lembaga "untouchable" dan "superbody", berbuat semaunya, bertindak sekenanya. benar-benar mencederai rasa keadilan masyarakat.

keterlibatan Chandra M Hamzah dalam pemeriksaan Nazarudin sangat tidak etis, karena dikhawatirkan hal ini akan sangat tidak objektif dan independen, akibatnya justru akan sangat-sangat fatal, KPK dinilai tidak dapat transparan dan siap-siap menerima tudingan tidak nyaman publik. masyarakat termasuk saya akan sangat meragukan hasil pemeriksaan itu, karena kredibilitas dan kapasitas Candra dalam pemeriksaan itu akan dipertanyakan.

"maling kok meriksa maling"

ditengah tudingan dan kepercayaan masyarakat yang menurun, KPK hendaknya dapat mengambil langkah-langkah populis yang dapat meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap kinerja mereka, bukan dengan cara yang dapat mengundang banyak polemik seperti ini.

atau alangkah baiknya kalau Nazarudin itu diperiksa oleh orang diluar dari yang disebut-sebut oleh Nazarudin, pasti ini bisa sedikit mengembalikan sedikit kepercayaan masyarakat, atau bisa pemeriksaan ini dilakukan oleh penyidik saja, karena mereka tidak independen dan tidak punya kepentingan apapun dalam kasus ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline