Se-iring berkembangnya zaman dan berkembangnya teknologi, banyak sekali peran guru yang digeser oleh keberadaan teknologi canggih seperti pemberian ilmu, anak-anak lenih suka mencari di Internet dari pada dijelaskan secara langsung oleh gurunya, kebanyakan dari mereka beralasan yaitu bosan jika terlalu banyak dijelaskan oleh guru mereka lebih suka sesuatu yang terlalu Instan.
Dalam hal ini guru harus memberikan pengarahan atau penjelasan yang sekiranya tidak membuat mereka merasa bosan, membuat mereka agar tetap semangat karena dengan itu murid akan slalu menaati apa yang diperintah oleh guru.
Kesabaran seorang guru dalam hal ini di perlukan karena kebiasaan seorang anak didik butuh pelatihan tidak cukup 1 kali dua kali, mereka harus di ajarkan ber kali-kali agar mereka sadar, belajar itu butuh proses , jangan terlalu suka sesuatu yang instan. Karena semua itu kurang baik untuk dilaksanakan.
Pemberian arahan yang cukup dapat menumbuhkan semangat belajar seorang murid yang mempunyai tipe-tipe pemalas. Namun dilihat dari perkembangan zaman, memang banyak anak yang suka sekolah tapi malas berfikir. Itu yang menjadi persoalan yang sulit dihadapi atau dilawan oleh seorang guru. Guru harus memberikan motivasi terhadap anak tersebut agar mereka semangat belajar.
Apa lagi pada zaman sekarang diharapkan guru memberikan fasilitas atau memberikan materi sesui perkembangan zaman sekarang agar mereka tidak mudah bosan. Harapan mereka guru dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada pada era sekarang.
Namun dalam hal ini juga tidak sepenuhnya peran guru yang ditonjolkan . Namun kesadaran individu juga diperlukan agar mereka bisa berfikir lebih maju, agar mereka sadar jika pendidikan itu penting untuk dipelajari, agar mereka memiliki semangat dalam melakukan pembelajaran.
" Jika mereka malas-malasan dalam belajar maka waktu mereka akan terbuang sia".
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H