Lihat ke Halaman Asli

Wah, Mahasiswa KKN Undip Membantu Membuat Peta Administrasi Guna Mengetahui Batas Wilayah Desa Bangsri

Diperbarui: 7 Februari 2023   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Validasi Batas Dusun bersama Kepala Desa Bangsri

Brebes (5/2/2023) -- Peta Administrasi merupakan data teknis dalam bentuk peta yang sangat diperlukan suatu desa untuk mengetahui letak dan bagian batas-batas suatu wilayah. Peta Administrasi berisi batas-batas administrasi seperti batas dusun, batas desa, batas kecamatan, dan lain sebagainya. Peta ini biasanya disebut sebagai Political Map. Umumnya, di dalam Peta Administrasi terdapat beberapa informasi seperti batas wilayah desa, dusun, jalan-jalan desa, dan sungai yang melewati desa tersebut.

Sejauh ini Desa Bangsri, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes belum memiliki Peta Administrasi Desa. Berkaitan dengan hal tersebut Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Semarang berinisiatif membantu Kepala Desa Bangsri untuk membuat Peta Administrasi Desa Bangsri yang menampilkan Informasi Geospasial untuk mengetahui batas-batas dusun yang ada di Desa Bangsri.

whatsapp-image-2023-02-07-at-15-10-37-63e2097908a8b5409e1f9a82.jpeg

Pembuatan Peta Administrasi dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu 1) Pengumpulan Data, 2) Pengolahan Data, dan 3) Finishing. Pada tahap pengumpuluan data ini dilakukan dengan pengumpulan data sekunder yaitu mengumpulkan data dasar seperti Shapefile (SHP) Batas Desa, Jalan, dan Sungai serta citra resolusi sangat tinggi yang didapatkan dengan mendownload citra melalui aplikasi SAS.Planet. Selain itu, pengumpulan data juga dilakukan dengan survei primer yaitu melakukan wawancara/validasi batas dusun bersama Kepala Desa dan Kepala Dusun Desa Bangsri.

Tahap kedua yaitu pengolahan data yang dilakukan menggunakan software ArcGIS. Tahapan selanjutnya yaitu Finishing dengan melakukan editing layout peta untuk membuat elemen-elemen pada peta yang memuat informasi seperti judul peta, arah mata angin, skala, diagram lokasi, sumber peta, batas desa, batas dusun, jaringan jalan, dan perairan. Tahapan terakhir pada tahap finishing adalah melakukan pencetakan peta yang telah jadi dalam bentuk banner dengan ukuran 84,1x118,9 cm.

Penulis : Hasti Novita Sari

Jurusan/Fakultas : Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan / Sekolah Vokasi

DPL : Fajar Arianto., S.Si., M.Si.

Lokasi KKN : Desa Bangsri, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline