Lihat ke Halaman Asli

Bisnis Menguntungkan untuk masa depan Anda

Diperbarui: 16 Maret 2016   15:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

1001 Koleksi Ide Bisnis Peluang Usaha Modal Kecil Menjanjikan Untung Hasil ... bisnis modal kecil menguntungkan, bisnis modal kecil penghasilan besar, ...Semua orang baik yang memiliki passion di bidang wirausaha ataupun tidak, ketika ditawai peluang bisnis menguntungkan kebanyakan akan menolehkan kepalanya dan akan mendengar apa yang akan Anda sampaikan terkait dengan bisnis ini. Dalam benak banyak orang, dalam berbisnis pastilah harus menguntungkan. Kalau tidak menguntungkan namanya bukan berbisnis tapi buang-buang uang saja. Memang dalam berbisnis hanya ada dua kemungkinan kalau tidak untung ya akan rugi. Pilihan banyak orang pasti ingin bisnis menguntungkan dan dapat mengangkat taraf kehidupan mereka. Tentunya membayangkan membangun bisnis lalu barang yang dijual laku keras di pasaran dan akhirnya menghasilkan keuntungan melimpah sangatlah menyenangkan. Berbeda dengan kenyataannya yang tidak semudah itu membangun bisnis hingga mendatangkan keuntungan. Sudah banyak bukti bisnis yang baru berjalan maupun yang sudah cukup lama berkiprah bertumbangan karena kuatnya rintangan yang harus dihadapi.

Rintangan akan selalu menghadang ketika Anda sedang menjalankan sebuah usaha. Rintangan dari pesaing, rintangan dari diri sendiri ataupun rintangan dari produk itu sendiri sudah pasti akan menghambat perjalanan Anda. Rintangan itu tidak akan pernah ada habisnya. Sama halnya seperti sebuah pohon yang terus bertumbuh. Semakin tinggi pohonnya, maka akan semakin kuat angin yang menerjang. Begitu pula dengan bisnis, semakin besar bisnis itu akan semakin besar pula rintangan yang akan dihadapi.

Inilah yang sering kali membuat seorang pebisnis tumbang di tengah jalan. Cobaan yang terus datang tidak mampu diatasi sehingga membuat bisnis menjadi kacau dan akhirnya harus menutup toko untuk selamanya. Memang menjadi seorang pengusaha tidaklah mudah. Perlu perjuangan panjang untuk mencapai kesuksesan. Tapi jerih payah itu akan sepadan dengan hasilnya jika kuat menghadapi cobaan itu.

Bagaimana membangun bisnis yang menguntungkan itu? Untuk mendapatkan jawabannya, berikut ini beberapa tipsnya.

Perencanaan yang Matang

Membangun bisnis tanpa adanya perencanaan yang matang merupakan kesalahan paling banyak ketika orang ingin berkecimpung di dunia wirausaha. Ibaratnya kita ingin pergi berwisata, tapi kita tidak menyiapkan segalanya, yang terjadi sudah pasti kegagalan menikmati waktu berlibur. Begitu juga dengan membangun bisnis, kalau tidak ada perencanaan sudah pasti kita akan bingung di tengah jalan.

Setelah mendapatkan ide sebuah bisnis, rencanakan pembangunan bisnis dengan baik. Kenapa bisnis franchise bisa berkembang dengan cepat? Karena bisnis ini sudah memiliki konsep yang matang sehingga orang yang bergabung dengan bisnis tersebut tinggal menjalankannya. Perencanaan yang matang itu meliputi beberapa hal.

Cermat Memilih Barang yang dijual

Menemukan ide membangun bisnis menguntungkan tentunya belum bisa Anda aplikasikan di dunia nyata saat itu juga. Ide tersebut perlu dikaji apakah barang yang dijual memang diminati pasar atau tidak. Jadi cermatlah dalam memilih barang yang akan dijual. Paling gampang sebenarnya memulai bisnis dari apa yang Anda sukai. Kesukaan atau hobi sudah pasti Anda pahami secara menyeluruh. Inilah kenapa membangun bisnis lebih baik dari apa yang Anda sukai. Pemahaman secara menyeluruh mengenai barang yang akan dijual harus dan wajib dimiliki oleh seorang pengusaha. Bagaimana mau berjualan mie ayam sedangkan membedakan mana mie yang baik dan tidak saja kita tidak bisa.

Memahami produk yang akan dijual memiliki artian yang sangat luas. Bisa diartikan dengan paham betul apa kelebihan dan kekurangan barang tersebut. Paham bagaimana membuatnya. Paham apa bahan yang baik dan tidak serta paham bagaimana membuatnya menjadi suatu produk yang lezat jika produk yang akan dijual adalah makanan. Memahami produk yang akan dijual menjadi modal utama dalam mengatasi masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Pahami juga apakah produk tersebut memang dibutuhkan banyak orang atau tidak. Semakin banyak orang yang membutuhkan akan semakin besar pula kemungkinan usaha Anda berkembang. Lakukan riset agar Anda mengetahui bagaimana kemungkinan produk ini laku di pasaran atau tidak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline