Lihat ke Halaman Asli

H.Asrul Hoesein

TERVERIFIKASI

Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang Sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Jakarta http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Parcel dan Souvenir Lebaran Berbahan Sampah

Diperbarui: 19 Mei 2019   17:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Yeni sang Direktur Bank Sampah MyDarling Jakarta Selatan menjemput sampah anorganik untuk dijadikan bahan baku kerajinan. Sumber: FBMyDarling.

Bulan Ramadan sebagai bulan penuh kesempatan yang berkah. Bulan dimana umat Islam melakukan ibadah puasa yang khusus pengabdiannya kepada Allah Swt. Juga ganjarannya akan diberikan langsung oleh Allah Azza wa Jallah.

Selain bulan Ramadan sebagai bulan kesempatan mendapat amal berlipat, sekaligus merupakan kesempatan - opportunity - berdagang atau latihan berbisnis. Khususnya melatih nyali tampil berdagang di muka umum.

Maka di seantero dunia, bila tiba Ramadan. Masyarakat bergairah berdagang, walau itu dagangannya secara dadakan selama bulan puasa saja dan umumnya berhenti bersamaan tiba Hari Raya Idul Fitri.

Sebenarnya beberapa sosok pengusaha atau pedagang dadakan yang mengandalkan pembayaran fintech  BCA Mobil Banking, seperti sahabat dan keluarga yang jualan kue, baju, sajadah, mukena dll.

Ilustrasi: Sahabat Yeni Pendiri Bank Sampah My Darling Jakarta Selatan. Sumber: FBMyDarling

Tapi penulis tertarik mengangkat sosok sahabat yang satu ini, sangat peduli sampah dan bukan merupakan usaha biasa. Tapi sebuah usaha yang mengangkat potensi sampah yang terabaikan. Apalagi di bulan Ramadan, volume sampah meningkat tajam. Kegiatan seperti sahabat Yeni ini sangat dibutuhkan.

Sukses story sosok Mba Yeni Mulyani Hidayat (Yeni) sebagai Pendiri dan Direktur Bank Sampah MyDarling (Masyarakat Sadar Lingkungan), dimana pada hari-hari raya selalu mendapat berkah Ramadan berupa kelimpahan order souvenir yang berbahan baku sampah anorganik.

Bank Sampah MyDarling besutan Mba Yeni ini selain memproduksi karya-karya indah dari sampah plastik, kertas koran dan limbah lainnya. Juga cukup aktif dan peduli dalam membina bank sampah termasuk membagi pengalaman dan kemampuannya mengolah sampah menjadi produk kerajinan yang bernilai ekonomi di seluruh Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung dalam kiprahnya di pengelolaan sampah. Juga turun langsung di lapangan, baik itu menjemput sampah di rumah nasabahnya maupun lebih gila lagi langsung memungut sampah di jalanan. Sangat apresiasi dan penuh rasa hormat atas kepeduliannya.

Ilustrasi: Yeni bersama Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Sumber: FBMyDarling

Dalam menghadapi Idul Fitri, banyak mendapat pesanan dekorasi untuk malam takbiran berbahan sampah daur ulang botol plastik dan lainnya berupa pembuatan miniatur masjid dan terompet. Juga pesanan-pesanan lainnya seperti Tas Daur Ulang dan jenis karya cendramata atau souvenir dari sampah daur ulang.

Bila pembaca ingin memesan hasil kreatifitas karya dari Mba Yeni telepon 082124657070 atau bisa berkunjung langsung ke alamat Bank Sampah My Darling terletak di Jl. Sultan Agung No. 20 Kelurahan Guntur Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan atau Klik di FB Mba Yeni.

Di Markas Bank Sampah My Darling ini, selalu mendapat kunjungan dari perguruan tinggi, pemerintah daerah, pengelola bank sampah maupun awak media elektronik dan media cetak dalam dan luar negeri. Termasuk hampir setiap hari anak-anak sekolah belajar langsung disana.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri MbaYeni selalu kelimpahan order jasa pembuatan tempat parsel terbuat dari limbah kertas koran dan jenis limbah lainnya sesuai pesanan yang dilengkapi jasa pengiriman dengan pembayaran melalui m-BCA.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline