Lihat ke Halaman Asli

Hasroqi Abdillah

Universitas Jember

Keberagaman sebagai Identitas Indonesia

Diperbarui: 23 Januari 2023   19:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Oleh Hasroqi Abdillah, S.Pd.

Indonesia bagi saya merupakan negara yang sangat luar biasa, selain Sumber daya alam yang melimpah, negara ini memiliki banyak kekayaan lainnya, salah satunya adalah keberagaman masyarakatnya, baik budaya, tradisi maupun agama. Menariknya, keberagaman itu menjadi suatu modal untuk menyatukan diri menjadi satu negara yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Selain itu, keberagaman juga menjadi identitas manusia Indonesia dalam menjalankan nilai-nilai luhur kehidupan berbangsa. Perjalan kehidupan berbangsa tersebut, tidak terlepas secara rasional, dialogal maupun historis (baik sejak sebelum merdeka hingga saat ini dan masa yang akan datang).

dokpri

NILAI KEMANUSIAAN KHAS INDONESIA

A. Nilai kebhinekatunggalikaan

Bagi masyarakat Indonesia, keragaman merupakan nilai yang khas dan menjadi salah satu identitas bangsa Indonesia, hal ini dapat kita ketahui, diantaranya :

Pertama, keragaman Indonesia merupakan anugerah alamiah (tanpa dirancang) yang sudah ada sejak sebelum terbentuknya negara Indonesia.

Kedua, masyarakat Indonesia beragam dalam hal ini pengalaman perjalan kehidupannya, kebudayaan/budaya, Bahasa, suku, tradisi hingga symbol-simbol yang dimilikinya. Semua itu terdapat nilai-nilai yang memiliki coraknya masing-masing. Sehingga, didalam nilai tersebut, keragaman memiliki nilai kemanusiaan yang luar biasa dan layak untuk dilestarikan.

B. Nilai Pancasila

Pancasila merupakan dasar dalam membangun negara dan bangsa yang satu, artinya adalah menyatukan seluruh kekayaan/keberagaman sehingga menjadi nilai dan identitas yang khas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline