Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Undip Edukasi Pemanfaatan Bahan Alami untuk Mengatasi Karat pada Alat Dapur

Diperbarui: 13 Agustus 2022   20:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Semarang (07/08) - Pelaksanaan KKN Tim II Universitas Diponegoro periode 2021/2022 secara resmi telah dilaksanakan pada hari Senin, 4 Juli 2022 oleh Rektor UNDIP, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. 

Kegiatan KKN pada tahun ini mengusung tema "Peduli, Partisipasi, Pahami, Stunting dan Narkoba berbasis SDG's" yang berlangsung mulai dari tanggal 5 Juli 2022 hingga 18 Agustus 2022.

Salah satu Mahasiswi Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro melakukan Edukasi kepada ibu-ibu di RT 09 RW VII, Kelurahan Tambakaji pada Minggu, 7 Agustus 2022. 

Pada pertemuan tersebut, selaku mahasiswi Fakultas Sains dan Matematika yang sedang melakukan program kerja monodisplin melakukan pemaparan yang bertujuan mengedukasi kepada ibu-ibu mengenai pemanfaatan bahan alami untuk mengatasi karat pada alat dapur.

Alasan mahasiswi  mengedukasi hal tersebut adalah supaya masyarakat RT 09 RW VII Kelurahan tambakaji dapat memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, seperti karat pada alat dapur. Beberapa peralatan dapur seperti panci dan wajan seringkali berkarat.

Faktor penyebab karat muncul pada alat dapur adalah karena penggunaan panci yang terlalu sering dan minimnya perawatan peralatan dapur yang kurang diperhatikan. Karat selalu menjadi suatu pemandangan yang tidak menyenangkan jika sudah mulai muncul di alat dapur. Tampilan dapur jadi terlihat tidak menarik dan kurang rapi.

Adanya karat yang menempel pada panci merupakan proses oksidasi yang terjadi pada benda-benda logam karena bersentuhan dengan air. Karat yang menempel pada logam dapat menimbulkan korosi dan lubang yang semakin lama berada di permukaan. Tentunya, hal ini akan membuat proses memasak terganggu dan kurang higienis.

dokpri

Kegiatan dilakukan dengan pemaparan materi mengenai apa itu korosi, faktor penyebab korosi, cara mengatasi korosi, hingga pemanfaatan bahan alami untuk mengatasi korosi (karat) pada alat dapur. 

Mengatasi karat pada alat dapur menggunakan bahan alami yang mudah diperoleh dan mudah dilakukan di rumah. Sebelum pemaparan materi, ibu-ibu yang hadir dibagikan sebuah brosur untuk membantu mempermudah pemahaman materi yang disampaikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline