Lihat ke Halaman Asli

Hasna Nafisah

mahasiswa

Memilih Capres Atas Dasar Partainya

Diperbarui: 12 Januari 2024   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://poskota.co.id/2024/01/09/hasil-survei-elektabilitas-capres-2024

Pada tahun 2024 ini diakannya pemilu dengan tiga pasangan calon presiden yang mendaftarkan dirinya ke Komisi Pemilihan Umum. tiga pasangan tersebut yaitu Anies Baswedan dengan Iskandar Muhaimin, Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD, dan Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka.

Diantara paslon-paslon tersebut pasti mempunyai pegangan partainya masing- masing. Dan masing-masing paslon pasti saling merebutkan untuk mendapatkan tahtanya ya ng lebih tinggi. 

Dari salah satu partai terdapat partai yang dari tahun ke tahunnya selalu mendapat point terbanyak yaitu partai PDI Perjuangan. Dari adanya point terbanyak tersebut terjadilah pertikaian atau tidak keselarasan dalam memilih calon presiden. 

Para warga Indonesia masih berpikiran untuk memilih capresnya dengan melihat partai-partai yang diusungnya. Mereka berpikiran bahwa mereka aman selagi masih ada partai yang mereka percayai itu sendiri. 

Pemikiran-pemikiran seperti inilah yang menyebabkan ketidakseimbangan dalam pemilu. sehingga mereka menganggap bahwa mereka tidak terlalu suka diantara paslon-paslon tersebut. Hal ini terjadi karena dilatarbelakangi oleh beberapa hal seperti, perbedaan suku, agama, dan rasnya. sehingga mereka berpikiran untuk menghindarinya.

Antaranews.com

Partai yang diusung oleh paslon 1 yaitu Anies Baswedan dengan Iskandar muhaimin ada 3 yaitu Partai Kebangkitan Bangsa(PKB), Partai Keadilan Sejahtera(PKS), dan Partai Nasdem. paslon 2 dengan 7 partainya yaitu Partai, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Garuda. dan paslon 3 dengan 4 partainya yaitu PDIP, PPP, Perindo dan Hanura. 

Dari ketiga paslon tersebut pastinya sangat berebut untuk mendapatkan kedudukannya. dengan adanya debat presiden yang dimulai sejak selasa, 12 Desember 2023 kemarin sampai dengan sabtu, 10 februari 2024.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline