Praktik lobi dan negosiasi merupakan sebuah serangkaian bentuk komunikasi dalam mencapai kesepatakan antara dua pihak. Praktik lobi dan negosiasi merupakan salah satu cara dalam memperoleh kesepakatan dari dua belah pihak.
Teknik lobi dan negosisasi tidak lepas dari menjalin hubungan yang baik dan dapat berkomunikasi dengan baik oleh penerima lobi. Tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari kita pasti melakukan kegiatan melobi dan negosiasi dengan orang lain.
Kegiatan lobi dan negosiasi memiliki peran penting bagi tiap individu maupun kelompok, seperti organisasi maupun perusahaan tergantung kebutuhan mereka. Salah satu kegiatan lobi dan negosiasi terjadi di dunia bisnis.
Bisnis dapat dipahami sebagai aktivitas yang dilakukan oleh individu atau organisasi dengan tujuan menghasilkan keuntungan melalui produksi, penjualan, atau pelayanan produk atau jasa kepada konsumen. Upaya untuk membangun hubungan baik dengan klien, tentu adanya komunikasi dan bernegosiasi.
Komunikasi merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam mempertahankan kehidupan manusia. Kehidupan manusia tidak lepas dari aktivitas komunikasi, karena manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan manusia lain untuk bertahan hidup.
Hubungan manusia terbentuk melalui komunikasi, baik itu komunikasi verbal (Bahasa) maupun nonverbal (simbol, gambar, atau media komunikasi lainnya). Komunikasi dalam bisnis merupakan aspek penting untuk mencapai tujuan, melobi dan negosiasi hal ini juga menjadi aspek penting juga untuk menjalankan bisnis yang sukses.
Komunikasi bisnis dapat mencapai tujuannya jika terciptanya kepercayaan dari komunikator ke komunikan. Tujuan komunikasi bisnis adalah untuk memastikan pemahaman yang jelas dan saling menguntungkan antara semua pihak yang terlibat dalam bisnis.
Dalam membangun suatu hubungan Kerjasama, pada langkah awal pembisnis melakukan lobi dan negosiasi yang dapat dimulai dengan mempersiapkan hal-hal untuk melobi dan negosiasi, fokus pada apa yang ingin dicapai mempengaruhi pihak lain untuk mendapatkan keuntungan hasil yang diinginkan. maka terdapat banyak strategi lobi bisa dengan melakukan pendekatan yang dilakukan melalui jalur tidak resmi agar kerja sama antara pihak sasaran lobi dan yang melakukan lobi dapat terjalin contohnya berkomunikasi di kedai atau cafe yang terkesan santai.
Studi kasus yang saya kaji yaitu pada Universitas Negeri Indonesia dalam penyelenggaraan IKOM Entrepreneurship Fest 2020 membangun kerjasama dengan pihak sponsor. Teknik lobi dan negosiasi yang digunakan Panitia IEF 2020 untuk mendapatkan sponsor adalah memilih sponsor yang terkait dengan tema acara IEF 2020.
Kemudian bagian Humas IEF 2020 akan menghubungi pihak sponsor untuk membahas kerjasama. Public relation IEF 2020 awalnya menghubungi sponsor melalui email dan kemudian dilanjutkan melalui WhatsApp dan terkadang juga menggunakan aplikasi konferensi video seperti Zoom untuk membahas lebih lanjut manfaat dan tindakan yang diperlukan antara kedua belah pihak.