Menurut KBBI, ekspor adalah pengiriman barang dagangan ke luar negeri.
Indonesia menempati urutan negara ekspor terbesar ke-31 di dunia dengan jumlah ekspor 186,32 miliar US dolar pada akhir 2021 lalu.
Namun, dengan tingkat ekspor yang besar itu, Indonesia belum mampu memberikan kualitas yang sesuai dengan ekspektasi pembeli. Terbukti dengan skor kepercayaan bisnis (business convidence) yang sangat rendah diangka 7,1 pada kuarter 4 2021. Bahkan, Indonesia masih berada di bawah negara berkembang Asia seperti India dan Malaysia.
Skor kepercayaan bisnis ini didapat dari beberapa faktor.
Menurut Business Standard, tingkat atau skor kepercayaan bisnis dinilai berdasarkan hasil survey produksi, pesanan, dan barang jadi di suatu sektor perusahaan. Faktor-faktor tersebut mengindikasikan tingkat optimisme bisnis terkait prospek pendapatan di masa depan.
Sehingga, angka ini akan sangat berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk dari produsen.
Oleh karena itu, diharapkan tingkat ekspor di Indonesia ini bisa dioptimalkan dengan tingkat kepercayaan bisnis yang juga tinggi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H