Lihat ke Halaman Asli

Hasna Huwaidah

Mahasiswa UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Mahasiswa KKN 59 Kelompok 33 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Mengadakan Pelatihan Handycraft bersama Ibu-Ibu PKK Desa Kuta

Diperbarui: 8 Agustus 2024   20:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN UIN GUSDUR 59 Kelompok 33

Pemalang- Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan kelompok 33 Desa Kuta 3 Agustus 2024 melakukan kegiatan pelatihan handycraft (kerajinan tangan). Kerajinan tangan ini terbuat dari limbah kulit jagung yang nantinya dibuat menjadi vas bunga. Dimana mayoritas masyarakat di Desa Kuta sendiri bekerja sebagai petani jagung maka banyak terdapat limbah kulit yang hanya dibuang atau dibakar begitu saja dikarenakan hanya jagungnya saja yang dimanfaatkan. Untuk itu, kami kelompok 33 berencana akan mengadakan suatu pelatihan dimana akan memanfaatkan sebuah kulit jagung yang nantinya akan dibuat menjadi vas bunga. Pelatihan ini berguna untuk mengurangi limbah kulit jangung di desa kuta.

Kegitan ini dimulai pukul 09.00 WIB, dimana dihadiri bapak Sodik selaku Sekretaris Desa Kuta. Kegiatan ini di ikuti ibu-ibu PKK yang antusias dalam melakukan kegiatan ini. Kegiatan ini di ikuti beberapa perwakilan dari dusun-dusun yang ada di Desa Kuta, mulai dari Dusun Sipanjang, Dusun Kuta, Dusun Suwuk, Dusun Kalijeruk, Dusun Penusuhan. Tujuan pelatiahan ini adalah untuk mengembangkan kreatifitas masyarakat desa kuta khususnya ibu-ibu PKK, mengurangi limbah kulit jangung dan bonggol jagung sehingga dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih. Kegiatan ini tidak hanya seru tapi juga bermanfaat untuk melestarikan lingkungan. Bersama-sama kita buktikan bahwa sampah bisa disulap menjadi karya yang bernilai.

Selama kegiatan, para ibu-ibu PKK Desa Kuta sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Mereka berhasil membuat berbagai macam kerajinan bunga dari kulit jagung dengan hasil yang sangat baik. Tidak hanya itu saat sesi tanya jawab banyak dari ibu-ibu yang ikut bertanya terkait dengan bagaiman cara pembuatan vas bunga dengan warna sehingga lebih menarik dan tertarik para ibu-ibu juga mengutarakan bahwa mereak juga ingin mencobanya membuatnya di rumah dan ingin mendajidkan pajangan di rumah mereka.

Kegiatan ini sangat seru dan menarik karena kami juga memiliki reward yang sangat menarik untuk ibu-ibu PKK Desa Kuta yang memuat Vas bunga menjadi yang paling menarik dan indah yang nantinya akan mendapatkan hadiah, kami juga memiliki beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan kami selama di sini banyak ibu-ibu yang antusia dan semangat ingin menjawab pertanyaan dan menjadi peserta yang paling terbaik dalam kegiatan pelatihan handycraft yang diadakan oleh KKN 59 UIN GUSDUR kelompok 33 Desa Kuta. Kegiatan ini kami akhiri dengan foto dan membuat vidio yang sedang trend di Tik-tok bersama ibu-ibu. Dalam pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi peserta untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan limbah organik dan menjaga lingkungan, dan dapat mempererat kami mashasiswa KKN 59 UIN GUSDUR kelompok 33 Desa Kuta dengan Ibu-ibu PKK. 

Kontributor: Hasna Huwaidah, Khodijah Saniatussariroh

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline