Mahasiswi Magister Manajemen Universitas Negeri Malang (UM) melakukan kegiatan pendampingan pada UMKM Kue Banjar Sedap Rasa di Desa Sumber Nongko, Kec. Ngusikan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang bergerak di bidang usaha kue kering sudah berdiri sejak tahun 1990 , dikelola secara turun temurun oleh keluarga Bapak Rianto dan Ibu Sulistyowati dengan bahan utama tepung ketan, kelapa dan telur dan sudah memiliki legalitas halal No ID35110008023120723.
Gambar 2. Foto Produk Kue Banjar (Sumber:penulis,2024)
"Adanya kegiatan pendampingan, mahasiswa bisa bisa memberikan kontribusi yang baik bagi bisnis UMKM yang ada di desa ini, Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan selama 3 bulan yaitu mulai September sampai November 2024, dengan fokus utamanya yaitu program untuk optimalisasi penerapan digital marketing pada UMKM Kue Banjar Sedap Rasa agar berkembang pesat dan menigkatkan omset usaha/profitabilitas".
"Bagi pelaku UMKM juga terbantu dengan hal hal yang kita ketahui. Seperti penggunaan platform social media untuk pemasaran", ujar Hasna tim pendampingan pada UMKM Kue Banjar Sedap Rasa.
Bapak Rianto dan Ibu Sulistyowati, pelaku UMKM Kue Banjar Sedap Rasa merasa terbantu dengan pendampingan mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM)
"UMKM Kue Sedap Rasa dapat memberikan keuntungan di hari-hari besar menjelang. Seperti pada saat Hari Raya Idul Fitri, Hari Natal, dan hari-hari besar lainnya, bisa juga digunakan sebagai hampers, camilan, dan oleh-oleh", ujar Bapak Rianto
"Untuk Tempat distribusi UMKM Kue Banjar di Kabupaten Jombang yaitu Toko Ditasani, Surya Indah, Pasar Pon Jombang, Selain itu UMKM Kue Banjar telah mengikuti event seperti Pameran PKK didesa sumber nongko, Duta Lingkungan dan Event GukYuk Kabupaten Jombang", ujar Bapak Rianto
Di era globalisasi saat ini, persaingan bisnis semakin ketat, termasuk bagi UMKM di bidang kuliner, khususnya kue kering, dengan penerapan digital marketing yang tepat, UMKM Kue Banjar Sedap Rasa memiliki peluang besar untuk memperluas jangkauan pasar, bahkan hingga ke luar kota/daerah.
Digital marketing salah satu strategi yang tepat pada UMKM Kue Sedap Rasa untuk menjangkau konsumen secara lebih efektif dan efisien, tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. jangkauannya akan luas dan biaya akan lebih murah. Keberadaan media sosial menjadi sarana bagi konsumen yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi baik berupa teks, gambar, audio, dan video dengan banyak pihak baik antar perusahaan kepada konsumen atau konsumen pada perusahan.
Dari hasil pendampingan UMKM Kue Sedap Rasa pada pengembangan pemasaran di media digital yang telah dilaksanakan yaitu pemasaran melalui marketplace, branding di sosial media, terus berkembang untuk strategi bisnis yang lebih maju, jangkauan pemasaran lebih luas dan meningkatkan profitabilitas pada UMKM Kue Banjar Sedap Rasa.