Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan Diklat Wawasan Kebhinekaan Global Universitas Negeri Malang

Diperbarui: 31 Oktober 2023   16:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : dokumen pribadi

Pelaksanaan diklat Wawasan Kebhinekaan Global dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2023 yang diikuti sebanyak 30 mahasiswa kelas 001  Fisika dengan 5 topik yaitu:

1. Dunia yang berwarna

Kehidupan yang penuh dengan keragaman, keindahan, dan ekpresi. Yang menunjukkan pentingnya menerima keberagaman dan menghargai segala aspek kehidupan yang membuatnya menarik dan bermakna.

2. Indonesia yang harmoni

toleransi, saling pengertian, serta kerjasama di antara individu dan kelompok-kelompok yang berbeda. untuk mencapai harmoni perlu terus mepromosikan dialog antar budaya, penghormatan terhadap hak asasi manusia dan kesejahteraan sosial.

3. Damai dimulai dari diri

Sebagai rakyat Indonesia yang beragam suku, agama, dan budaya berbedaan sering kali menyebabkan praduga negatif, untuk itu perlu sebuah konsep berpikir yang damai mulai dari diri. Penting penerimaan terhadap diri dengan menerima segala kekurangan dan kelebihan tanpa memperbandingkan standar hidup orang lain.

4. Sekolahku Bhineka

Dengan sekolah bhineka setiap siswa merasa dihormati dan diperlakukan secara adil, menjadi lebih toleran dan terbuka terhadap pandangan dan kepercayaan orang lain, siswa dapat saling berbagi pengalaman hidup sehingga bisa memahami dunia dengan sudut pandang yang lebih luas.

5. Sekolahku yang damai

Pentingnya mempromosikan perdamaian, toleransi, dan pengertian diantara siswa dengan latar belakang yang beragam disekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline