Lihat ke Halaman Asli

Damai Dimulai dari Diri

Diperbarui: 29 Oktober 2023   13:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dailyhijrah.com

Tidak percaya diri, rendah diri atau merasa kurang dalam segala hal dapat menyebkan kegagalan dalam mencapai tujuan dan impian, sehingga dapat mengakibatkan trauma dan stres berkepanjangan. Takut akan penilaian orang lain dan terus membandingkan pencapaian yang dimiliki orang lain, akibatnya muncul kekhawatiran akan mengalami kegagalan yang sama. Lalu muncul pertanyaan kapan bahagia itu akan terwujud ? maka mari memahami diri dan berdamai dengan  diri.

Berdamai dengan diri adalah salah satu cara untuk bahagia dengan pengakuan, penerimaan dan mencintai diri dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Beberapa langkah untuk berdamai dengan diri :

1. Penerimaan terhadap diri

Menerima diri dengan segala hal tanpa menghakimi atau menilai diri dengan tidak mengikuti standar penilaian hidup orang lain.

2. Berpikir positif

Memaafkan segala kesalahan masa lalu dan berpikir pada hal-hal positif untuk melangkah ke hal yang lebih baik.

3. Selalu bersyukur dengan diri

Menghindari memperbandingkan diri dengan orang lain, karena standar hidup orang lain tidak akan sama dengan standar kita, menjadikan kekurangan adalah keunikan yang harus disyukuri.

4. Fokus mengembangkan diri

Belajar dari kegagalan dengan menetapkan tujuan dan perencanaan masa depan untuk terus berkembang untuk mendapatkan pencapaian hidup.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline