Lihat ke Halaman Asli

5 Cara POS Restoran "Mobile" Mengembangkan Bisnis Anda

Diperbarui: 18 Juli 2018   16:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.gettyimages.com

Bagi sebagian besar orang, saat ini keberadaan smart phone sangat penting bagi rutinitas mereka. Banyak orang merasa bersemangat ketika mendengar adanya teknologi terbaru yang berkaitan dengan smart phone, termasuk bagi para pengusaha restoran. Ya, restoran dapat menanfaatkan sistem ERP yang diintegrasikan dengan smart phone, seperti perangkat lunak POS atau Point of Sales khususnya.

 POS Restoran mobile memberikan berbagai manfaat salah satunya adalah memungkinkan pelanggan untuk melihat menu secara digital. Jika Anda belum familiar dengan POS restoran mobile, dibawah ini 5 cara POS restoran mobile mengembangkan bisnis Anda seperti dikutip dari Lightspeed.

Pelayanan dimanapun di restoran

Dengan menggunakan POS restoran mobile, pelanggan dapat memesan makanan dari E-Menu. Artinya, pelayan restoran bisa melakukan hal penting lainnya selama proses pemesanan berlangsung. E-Menu juga dapat mengurangi resiko pesanan yang tidak tercatat atau pesanan yang lupa diantarkan. Ketika makanan dan minuman dipesan, makanan dan minuman tersebut secara otomatis diinput dalam sistem POS dan ditampilkan langsung di layar dapur untuk diproses.

Meningkatkan kualitas layanan

Kebanyakan sistem POS yang berbasis cloud akan membuat profil pelanggan sekaligus riwayat pemesannya. Hal ini sangat penting mengingat setiap pelanggan memiliki kondisi kesehatan yang berbeda. Pelanggan yang memiliki kondisi tertentu, misalnya alergi kacang, akan memastikan staf restoran mengetahuinya. Informasi penting ini akan sangat penting diketahui oleh koki karena proses maupun tempat memasaknya akan sangat diperhatikan. Hasilnya, ini akan membuat pelanggan Anda merasa aman dengan makanan yang Anda sajikan.

Memperbarui Menu dengan Cepat dan Mudah

Pada musim tertentu, misalnya saat Ramadan, terkadang restoran ingin mengubah menu dengan cepat dan mudah. Dengan menggunakan alat ini, restoran bisa mengubah menu dengan mudah. Staf restoran Anda dapat mengubahnya melalui website. Jika manager restoran tidak berada di restoran, dia masih dapat mengeceknya dengan mudah selama koneksi internet lancar.

Meningkatkan kecepatan pesanan dan pembayaran

Melalui POS restoran mobile, makanan yang dipesan akan langsung tercatat dalam sistem POS. Jadi, apapun dan kapanpun pelanggan Anda memesan makanan, datanya akan langsung terinput. Setelah data diinput, total biaya makanan pun akan terlihat. Maka dari itu proses pembayaran lebih cepat karena mereka sudah tahu berapa banyak yang harus mereka bayarkan, termasuk dengan metode apa mereka ingin membayarnya.

Menurunkan pengeluaran staff

Restoran yang baik adalah restoran yang pelayannya dapat melayani pelanggan dengan baik. Itulah sebabnya Anda butuh lebih banyak staff selama jam sibuk untuk memastikan seluruh pelanggan dilayani dengan baik. Tapi, dengan menambahkan karyawan, artinya restoran membutuhkan pengeluaran yang lebih banyak. Alternatifnya, restoran bisa menggunakan E-Menu. Dengan segala informasi  makanan dan proses pemesanan yang mudah, pelanggan tak membutuhkan pelayanan kecuali saat mengantar makanan untuk mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline