Lihat ke Halaman Asli

Hasbi Mubarok

BISMILLAH

Analisis Ide Bisnis

Diperbarui: 3 April 2020   14:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

NAMA            : HASBI MUBAROK

NIM                : T20173070

ANALISIS IDE BISNIS

  1. Pengertian ide bisnis

Ide usaha atau bisnis adalah respon dari seseorang, banyak orang, ataupun organisasi untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi untuk memenuhi kebutuhan di suatu lingkungan yang meliputi pasar atau masyarakat. Dalam Mencari ide bisnis langkah awal yang harus dipahami yaitu mengubah keinginan dan kreatifitas pengusaha menjadi suatu peluang dalam usaha bisnis.

Ide- ide dalam bisnis itu setidaknya memiliki dua jalan yang amat penting yaitu kreatif dan inovatif. Kreatif adalah daya cipta dalam diri manusia, yang melalui kreasi inilah akan muncul produk-produk yang baru yang berbeda dengan yang lainnya. Sedangkan Inovasi merupakan daya pengembangan dari produk yang sudah ada agar mengalami suatu peningkatan dan bisa bersaing dengan kemajuan zaman.

Di sinilah ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) menjadi poin yang sangat penting di dalam mengembangkan dan mengelola bisnisnya. Namun, kreatifitas dan inofasi bisnis tidak ada gunanya dikala seorang pembisnis jika pembisnis itu tidak  memiliki keberanian dalam mengelola bisnisnya. Karena keberanian dan keyakinan yang menjadi modal penting dalam memulai sebuah usaha atau bisnis.

Sedangkan Poin lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah memiliki jaringan bisnis dan modal bisnis. Jaringan bisnis bisa kita perkuat dengan melakukan silaturrahmi baik kepada saudara maupun kepada teman. Dan disisi lain, juga harus memiliki manajemen yang baik, karena dalam berbisnis adanya pasang surut atau untung ruginya bisnis adalah hal yang biasa. Kerja keras dan pantang menyerah adalah kunci untuk mengahadapinya.

B. Cara mengembangkan ide bisnis

 1. Pertimbangan dan analisa target pasar

Kirta sebagai seorang pembisnis itu selain kreatif dan inofatif juga harus selalu update tentang hal-hal yang baru dan menganalisis informasi-informasi terbaru yang ada pada saat ini, baik itu kebutuhan pada saat ini ataupun peluang dan hambatan yang ada saat ini. Dengan tujuan agar bisnis yang kita jalankan bisa terus berkembang dan tidak ketinggalan zaman.

2. Harus mencatat ide gagasan yang kita punya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline