Lihat ke Halaman Asli

Hasan Muhammad Iqbal

Mahasiswa Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

PKS 20 Tahun "Menguasai" Depok, Apakah Penyebabnya dan Bagaimana Nasib di Tahun-tahun Berikutnya?

Diperbarui: 20 Desember 2021   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sejak pertama kali dilakukan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Depok pada tahun 2005, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah berhasil menguasai lumbung suara di Depok. Pada periode pertama, PKS mengusung Nur Mahmudi Ismail dan Yuyun Wirasaputra sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Depok pada saat itu, dan pada periode pertama itu juga mereka berhasil menang serta mengungguli paslon-paslon lain, padahal mereka hanya diusung oleh 1 partai, yaitu PKS.

 Bahkan hingga saat ini di tahun 2021 yang jika dihitung sudah hampir 4 periode, PKS masih belum terkalahkan dan terus melanjutkan "trah" nya sebagai partai yang menguasai Kota Depok.

Dengan adanya hal ini, lantas apakah penyebab PKS dapat bertahan begitu lama sampai-sampai hampir 20 tahun tetap eksis sebagai jawara Kota Depok? Dan apakah PKS akan tetap eksis di tahun-tahun berikutnya, khususnya saat pemilu?

Dadang Nurjaman yang merupakan peneliti di Charta Politika mengungkapkan bahwa PKS bisa bertahan lama di Depok karena mereka memiliki basis yang kuat. Selain itu, Depok juga dinilai sebagai kandang PKS yang strategis.

Lalu faktor lainnya adalah di mana PKS memiliki kemampuan dalam menjaga pondasi mereka sehingga partai ini tetap konsisten menjadi jawara di Depok. Hal ini dapat dibuktikan dengan kader-kadernya yang sangat aktif dalam "bergerilya" politik di dalam lingkungan masyarakat.

Selain itu, menurut penulis PKS memiliki keuntungan dengan membawa narasi agama dalam manuver politiknya, sebab Depok juga merupakan kota yang bisa dikatakan religius. Maka atas dasar hal ini PKS memiliki peluang yang sangat besar dan mudah dalam menyebarkan pemahaman politiknya.

Yang paling sering didengar adalah metode pengenalan partai melalui Liqo atau pengajian, yang sangat mudah dilakukan di lingkungan yang masyarakatnya cenderung religius, dan hal ini terbukti dan membuahkan hasil bagi PKS.

Tak hanya itu, Depok juga merupakan basis dari PKS, yang di mana sampai saat ini perolehan suara di Depok untuk PKS masih sangat besar dan sangat menjanjikan.

Kota Depok dapat dikatakan sebagai basis PKS dikarenakan PKS menguasai banyak lembaga yang ada di Depok.

Selanjutnya, apakah PKS akan tetap eksis di tahun-tahun berikutnya khususnya untuk pemilu yang akan datang.

Menurut penulis PKS akan tetap eksis di Depok setidaknya sampai pemilu 2024, sebab hal ini dibuktikan dengan terpilihnya pasangan usungan PKS, Idris-Imam sebagai Walikota dan Wakil Walikota Depok 2021-2024.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline