Lihat ke Halaman Asli

hasanatul lailiyah

Mahasiswa UIN Malang S1 Perbankan Syariah

Sambutan Hangat dalam Acara Pembukaan KKM UIN Malang 2023 di Desa Gading Kembar

Diperbarui: 25 Desember 2023   16:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penerimaan KKM Desa Gading Kembar (Foto : Dokpri)

Pada hari Rabu, 20 Desember 2023 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan acara pelepasan mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Reguler dan Internasional Gelombang I. Acara tersebut diikuti oleh 2958 mahasiswa, sebanyak 2930 mahasiswa merupakan peserta KKM Reguler dan sebanyak 28 mahasiswa merupakan peserta KKM Internasional. Pelaksanaan pelepasan berlangsung selama 1 jam, dimulai dari pukul 07.00 -- 08.00.

Setelah acara pelepasan, mahasiswa menuju ke lokasi penempatan KKM yang telah ditentukan sebelumnya. Ada sekitar 248 kelompok yang disebar di berbagai desa di Kabupaten Malang, salah satunya di Desa Gading Kembar, Kecamatan Jabung. Di Desa Gading Kembar ada 3 kelompok, yaitu kelompok 19, 20, dan 21 dengan total 33 mahasiswa. Kelompok 19 yang beranggotakan 11 orang menuju ke Desa Gading Kembar di sore hari pada hari yang sama dengan pelepasan. Perjalanan menuju ke lokasi berjalan dengan lancar dan selamat sampai tujuan.

Keesokan harinya, hari Kamis 21 Desember 2023 kelompok 19, 20, dan 21 mengadakan acara pembukaan KKM di balai desa. Acara tersebut dihadiri oleh Pak Imam Syafi'i selaku bendahara desa, beliau mewakili bapak Kepala Desa yang sedang berhalangan hadir. Bapak Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari kelompok 19 dan 20 juga ikut serta menghadiri acara tersebut. Kami mendapat sambutan yang hangat dari para pemerintah desa dan warga Desa Gading Kembar. Besar harapan mereka agar KKM ini dapat membawa perubahan bagi masyarakat desa.

Acara pembukaan KKM berlangsung dengan lancar dan khidmat. Bapak Dr. Khusnudin, S.Pi, M.Ei memberikan sambutan selaku DPL dan juga Korcam Jabung. Beliau menyampaikan bahwa dari pelaksanaan KKM ini banyak sekali nilai-nilai atau pelajaran yang dapat diambil. KKM juga menjadi laboratorium untuk mahasiswa kembali ke desa. Mahasiswa dapat berkolaborasi dengan masyarakat dalam melakukan proker. Bapak Taufiq Satria Mukti, M.Pd juga memberikan arahan kepada mahasiswa agar tetap menjaga perilaku dan menjaga nama baik almamater. Selain itu, beliau juga meminta mahasiswa agar tetap menjaga kesehatan agar KKM dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Pak Imam Syafi'i yang mewakili kepala desa. Dalam sambutannya beliau menyampaikan Desa Gading Kembar merupakan desa yang berada paling ujung di Kecamatan Jabung. Desa Gading Kembar terdiri dari 4 dusun, yaitu dusun Dempok, Gading, Gasek Kulon dan Gasek Wetan. Dusun Dempok berada di paling ujung dan berbatasan langsung dengan hutan. Berdasarkan letak geografisnya yang berada di dataran tinggi, mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai buruh tani dan juga peternak sapi perah. Setiap hari warga memerah susu sapi dan disetorkan di KAN Jabung.

Beliau juga menyampaikan terkait UMKM yang ada di Desa Gading Kembar. Setiap dusun memiliki potensi UMKM yang berbeda-beda. UMKM di Dusun Dempok berupa susu sapi, di Dusun Gasek Kulon dan Gasek Wetan berupa toko kelontong, sedangkan di Dusun Gading berupa kerupuk dan keripik singkong. Harapan Pak Syafi'i dalam pelaksanaan KKM ini yaitu ilmu yang didapatkan oleh mahasiswa di kampus bisa bermanfaat dan diterapkan di masyarakat Desa Gading Kembar. Mahasiswa dapat memanfaatkan potensi SDA dan SDM yang ada di desa tersebut dan membawa perubahan yang lebih baik kedepannya. Perangkat desa dan masyarakat desa dengan senang hati akan membantu menyukseskan program kerja yang telah disusun.

Acara pelepasan ditutup dengan pembacaan do'a dan sesi dokumentasi. Kami selaku mahasiswa juga berharap agar KKM di Desa Gading Kembar dapat berjalan dengan lancar. Pelaksanaan KKM Gelombang I berlangsung selama 6 minggu, mulai dari 20 Desember 2023 sampai dengan 31 Januari 2024. Program kerja yang telah disusun juga dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Tak lupa kami juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Gading Kembar karena telah menerima kami dengan sangat baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline