Guru memiliki peranan yang penting dalam dunia pendidikan, sebagai ujung tombak pendidikan, guru berada di barisan terdepan dalam pelaksanaan pendidikan. Guru diharapkan mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas baik secara keilmuan maupun sikap metal yang positif, untuk itu guru harus merancang dengan baik kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Dengan pemilihan model, metode, pendekatan dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa serta penggunaan media yang tepat sesuai dengan materi, akan membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa. Dan untuk memperoleh hasil yang maksimal sesuai dengan tahap perkembangan anak, maka strategi yang digunakan guru dalam menyampaikan sesuatu, baik berupa penanaman sikap, mental, perilaku, kepribadian maupun kecerdasan harus sesuai dan tepat sasaran. Di sekolah guru yang secara langsung bertanggung jawab terhadap bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar siswanya, harus kreatif dalam mengemas dan mendesain proses pembelajaran sehingga apa yang menjadi tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.
Penggunaan alat peraga juga menjadi salah satu cara yang efektif yang digunakan guru untuk mengembangkan kemampuan siswa, karena alat peraga merupakan alat bantu yang dapat merangsang pikiran, keterampilan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar siswa. Menurut Faizal (2010) "Alat peraga pendidikan sebagai instrument audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan membangkitkan minat siswa dalam mendalami suatu materi". Selain itu dengan menggunakan alat peraga dapat memberikan ruang bagi siswa untuk terlibat aktif dalam setiap proses pembelajaran. Alat peraga merupakan salah satu komponen penentu efektifitas belajar, dimana alat peraga dapat mengubah materi ajar yang abstrak menjadi konkret dan realistik.
Beberapa manfaat penggunaan alat peraga antara lain : dapat mempermudah saat penyampaian materi pendidikan atau informasi oleh para pendidik, dapat membantu dalam mengatasi berbagai macam hambatan dalam proses pendidikan, dan dapat membantu siswa untuk belajar dengan cepat serta belajar lebih banyak materi atau bahan yang disampaikan.
Selain memilih alat peraga yang tepat sesuai dengan materi yang akan diajarkan, guru juga harus membuat alat peraga sebaik mungkin sehingga dapat menarik perhatian dan minat siswa untuk mengamati alat peraga yang ditampilkan guru dan diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penggunaan alat peraga dalam setiap pembelajaran terutama untuk materi yang sulit dipahami siswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H