Lihat ke Halaman Asli

Semakin Tertantang Menjadi Admin Profesional dalam Mengembangkan "Kelase"

Diperbarui: 20 Juni 2015   03:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sesion demi sesion pelatihan telah dilewati. Sesion ketiga menjadi amat mengasikkan untuk dipelajari. Ya sebuah tantangan baru ditemukan di sesion ini. Bukan hal yang ringan mengembangkan materi agar menjadi menarik untuk dinikmati pengguna pada nantinya. Di sinilah kita tertantang untuk membuat materi semenarik mungkin sehingga pengguna nanti baik siswa maupun orang tua yang mengakses akan merasa tertarik. Di sesion ini kita bisa belajar bagaimana membuat kelas, membuat materi sesuai dengan yang kita butuhkan. Pada awal sesion 3 tentunya hati bertanya apa yang akan disajikan oleh penyaji dan akhirnya setelah mempelajari dengan sabar akhirnya yang tadinya penuh tanda tanya sudah terjawab. Kita dituntut menjadi admin yang nantinya menampilkan materi semenarik mungkin.

Kendala  yang saya alami adalah bukan pada pembuatan kelas, tetapi bagaimana membuat materi menjadi menarik. Justru itu adalah tantangan yang sesungguhnya. Sebuah materi tidak akan berarti jika materi tersebut tidak menarik perhatian siswa pada nantinya. Materi harus menarik, jelas, dan tepat pada sasaran sehingga pengguna nantinya mudah mencerna apa yang akan kita sampaikan. Kalau dari segi teknik pembuatan kelas tidaklah mendapat kesulitan berarti. Jadi berbicara tentang kesulitan pada sesion 3 adalah dari segi pembuatan materi. Tentu saja pembuatan materi tidaklah bisa dilakukan dalam 1-2 hari. Pembuatan materi sebaiknya dipersiapkan dengan matang sehingga materi berhasil dicerna siswa nanti sebagai pengguna. Apalah artinya sebuah materi jika tidak bisa dicerna siswa? Itu yang menjadi tantangan selanjutnya kita sebagai admin kelase. Sebagai contoh sekarang ini, kita sebagai pendidik saja jika tidak dipelajari sungguh-sungguh materi, kita akan susah mengikuti sesion demi sesion, apalagi jika nanti sasaran kita adalah siswa Sekolah Dasar.Selanjutnya yang menjadi kendala adalah dalam sesi tugas. Bagaimana nanti tugas siswa jika kelas dilakukan secara online. Tentunya kita harus membuat wadah atau blog pribadi untuk menampung tugas-tugas siswa.

Pengetahuan  yang masih ingin saya pelajari lebih lanjut adalah bagaimana membuat materi agar siswa mudah mencerna  yang kita sampaikan sebagai guru sekaligus admin dalam mengembangkan kelase. Hal ini yang mungkin nanti menjadi pelajaran selanjutnya yang ingin saya pelajari. Karena sebagai admin tentunya kita ingin apa yang kita sajikan benar-benar bisa bermanfaat dan menjadikan pengguna sebagi raja. Selain itu yang ingin sekali saya pelajari adalah bagaimana menampung tugas-tugas siswa secara online.

Ya sebuah pengalaman yang sangat berharga disesion 3 ini.  Salam Kelase!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline