Lihat ke Halaman Asli

Memilih Beasiswa hingga Tingkat Pascasarjana

Diperbarui: 22 April 2019   19:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Beasiswa pascasarjana adalah beasiswa yang bisa dipilih untuk yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat S2. Sehingga setelah mendapatkan gelar sarjana, Anda bisa untuk melanjutkan pendidikan tingkat selanjutnya dan mengejar gelar master. Ketika akan memilih beasiswa untuk mengejar gelar di pascasarjana ini ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan agar nantinya mendapatkan beasiswa yang terbaik. Beberapa pertimbangan tersebut adalah:

  1. Memilih pemberi beasiswa

Tips pertama yang harus diperhatikan ketika akan memilih beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat S2 adalah dari siapa yang memberikannya. Karena menurut sumbernya ada dua pemberi beasiswa yaitu dari pemerintah atau swasta. Sehingga hal ini harus diperhatikan dengan baik ketika akan memilih pemberi dana beasiswa S2 yang akan didapatkan. 

Biasanya hal tersebut akan sangat berpengaruh pada peluang yang Anda punyai untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Selain itu juga berpengaruh pada prospek kedepan dan masa depan setelah menyelesaikan pendidikan ke jenjang S2 dari beasiswa tersebut. Karena ada beasiswa yang sifatnya mengikat dan harus bekerja atau mengabadikan ilmu yang telah Anda dapatkan pada lembaga pemberi beasiswa. Sehingga Anda tidak bisa bebas untuk memilih pekerjaan yang disukai setelah lulus nantinya.

Adapun contoh dari beberapa beasiswa pascasarjana yang bisa dipilih menurut pemberi beasiswa adalah:

  • Beasiswa LPDP merupakan beasiswa pemerintah yang mempunyai banyak tawaran beragam. Beasiswa ini bisa dipilih untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke kampus dalam atau luar negeri.

  • Beasiswa SEARCA merupakan beasiswa yang melibatkan beberapa universitas yang ada di Asia Tenggara dan ditawarkan oleh PNS, peneliti, dan juga dosen.

  • Beasiswa Unggulan merupakan jenis beasiswa yang diberikan oleh pemerintah dan ditawarkan untuk masyarakat berprestasi dan beasiswa unggulan untuk pegawai Kemendikbud.

  • Beasiswa guru kementerian pendidikan dan kebudayaan adalah jenis beasiswa dengan sasaran penerima utama adalah guru sekolah.

  • Beasiswa BUDI merupakan jenis beasiswa untuk dosen perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline