Lihat ke Halaman Asli

Kenali Kegunaan Kalkulator KPR

Diperbarui: 5 November 2015   14:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semakin hari harga rumah semakin naik apalagi ditambah dengan keadaaan ekonomi yang tidak menentu seperti sekarang ini. Bisa sangat diperkirakan bila banyak orang yang akhirnya memilih KPR sebagai solusi untuk membeli rumah. Memang dibandingkan dengan memberlei secara tunai, KPR jauh lebih terjangkau. Dengan menggunakan KPR anda bisa memilih jangka waktu peminjaman. Tentunya semakin singkat waktunya cicilan yang harus anda tanggung juga semakin besar.

Dalam sistem KPR ada dua sistem bunga yang diterapkan, yaitu bunga tetap dan mengambang. Bunga tetap atau fixed rate adalah bungayang sudah ditetapkan besarnya dan tidak akan bergantung dengan keadaan pasar. Sedangkan bunga mengambang atau floating rate adalah bunga yang besarnya bergantung dengan keadaaan pasar sehinga besarnya tidak bisa ditetapkan. Bunga mengambang ini bisa saja rendah ataupun tinggi karena tergantung dengan kondisi pasar.

Sebelum memutuskan untuk mebeli KPR, sebaiknya anda mengetahui dengan pasti seberapa besar kondisi keuangan anda sekarang. Pihak bank tempat anda mengajukan seperti bank BTN akan mensurvei dahulu kondisi keuangan anda sebelum memberikan besaran jumlah pinjaman. Banya hal yang akan menjadi pertimbangan bank seperti perbandingan pendapatan dan pengeluaran bulanan anda, juga kredit yang telah anda miliki sebelumnya.

Andapun bisa membuat semacam simulasi sebelum memutuskan untuk menggunakan KPR. Anda bisa menghitung kemampuan anda untuk membayar KPR dengan menggunakan kalkulator KPR online. Memang ada rumus manual yang bisa anda gunakan, namun mungkin anda akan mengalami kesulitan menghitung sehingga fasilitas kalkulator kredit pemilikan rumah akan sangat membantu anda.

Hampir setiap bank kini mempunyai fasilitas kalkulator KPR di website resmi yang memang ditujukan untuk simulasi sebelum membeli KPR. Dalam fitur kalkulator ini anda hanya peru mengisi kolom yang disediakna seperti harga rumah, jumlah uang muka, jumlah pinjaman, bunga KPR dan masa pinjaman. Kemudian anda hanya perlu mengklik tombol hitung dan kemudian akan muncul jumalh yang harus anda bayarkan setiap bulan.

Dengan bantuan fasilitas ini sangat membantu nasabah untuk memantapkan niat mereka dalam membeli KPR sesuai dengan kemampuan keuangan mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline