Lihat ke Halaman Asli

Tipe Bid di Facebook Demi Pengaturan Budget Efektif

Diperbarui: 6 Juli 2015   04:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Iklan di Facebook disukai para pengusaha karena mudah dilakukan dan perlu biaya relatif lebih murah daripada beriklan dengan cara biasa. Namun biaya ini tetap bisa membengkak ketika Anda tidak me-manage pengeluaran iklan dengan baik. Untuk bisa melakukannya, pertama kali yang harus dilakukan adalah mengerti tentang beberapa macam tipe bid iklan.

Di dalam pembuatan iklan Facebook, ada 4 tipe bid untuk iklan yang sebaiknya Anda tahu, yaitu:

Cost per Mille (CPM)

Anda baru akan dikenakan biaya ketika iklan ditampilkan sebanyak 1000 kali lebih. Iklan semacam ini berguna jika tujuannya adalah peningkatan brand awareness.

Cost per Click (CPC)

Menggunakannya, Anda baru akan dikenakan biaya ketika pengguna mengklik iklan yang telah dipasang.

Optimized Cost per Mille (oCPM)

Mirip dengan CPM, hanya saja iklan sudah di optimisasi, sehingga Facebook sendiri yang akan menampilkan iklan di hadapan orang yang memang potensial akan membeli.

Cost per Action (CPA)

Anda baru membayar jika pengguna telah melakukan suatu action, misalnya seperti meninggalkan like di page Anda.

Bila Anda sudah mengetahui tipe-tipe bid ini, maka tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih tipe yang terbaik. Mungkin bahkan Anda akan menggunakan keempatnya saat memasang iklan di Facebook? Tergantung dari banyaknya budget dan juga tujuan Anda beriklan, Anda mungkin hanya membutuhkan sebagian saja. Bila Anda membutuhkan bantuan untuk manage promosi, Partner Iklan bisa membantu memilihkan yang terbaik bagi Anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline