Lihat ke Halaman Asli

Harris Aryadin

Karyawan Swasta

5 Tips Menjaga Kesehatan di Hari Raya Kurban

Diperbarui: 17 Juni 2024   05:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Daging Sapi dan Sayuran (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Idul Adha merupakan waktu yang ditunggu-tunggu bagi kita sebagai umat Muslim. Selain menjadi momen untuk saling maaf dan memaafkan, Idul Adha juga menjadi tradisi penting bagi kita, yakni penyembelihan hewan kurban dan berbagi daging kepada yang membutuhkan.

Dalam momen ini, konsumsi daging menjadi hal yang umum dilakukan. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi daging berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan.

Berikut beberapa tips praktis untuk menjaga kesehatan selama Idul Adha, sehingga kita dapat merayakan hari besar ini dengan baik

1. Pilih Daging yang Sehat

Saat memilih daging dari hewan kurban, pastikan untuk memilih yang segar dan sehat. Hindari daging yang terlalu berlemak atau memiliki bagian yang tidak sehat. Pilih bagian daging yang rendah lemak dan bersih, seperti daging dada atau sirloin.

2. Sertakan Sayuran dan Buah-buahan dalam Menu

Meskipun daging menjadi fokus utama dalam hari raya Kurban, jangan lupakan keberagaman dalam makanan. Sertakan sayuran dan buah-buahan segar sebagai bagian dari hidangan Anda. Sayuran seperti wortel, brokoli, dan kacang panjang mengandung serat dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

6. Konsumsi Dengan Beras Merah

Untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan, pertimbangkan untuk mengonsumsi daging kurban dengan nasi beras merah. Beras merah mengandung serat lebih tinggi dan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan beras putih. Ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan energi yang lebih tahan lama.

4. Tetap Olahraga atau Melakukan Aktivitas Fisik Ringan Minimal 30 Menit

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline