Lihat ke Halaman Asli

Harris Aryadin

Karyawan Swasta

Dua Wakil Indonesia Dipastikan Lolos ke Babak Semifinal BWF World Tour Finals 2023

Diperbarui: 15 Desember 2023   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jonatan Christie Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2023 (Foto: instagram.com/badminton.ina)

Dua dari enam wakil Indonesia yang mengikuti turnamen BWF World Tour Finals 2023 berhasil lolos ke babak semifinal.

BWF World Tour Finals merupakan turnamen penutup di akhir musim yang diselenggarakan oleh Badminton World Federation di setiap tahunnya.

Turnamen ini hanya bisa diikuti oleh pemain-pemain yang berada di top 8 peringkat akhir BWF World Tour Finals, dengan ketentuan setiap negara hanya bisa mengirimkan maksimal 2 wakilnya di setiap sektor. Turnamen ini juga merupakan salah satu turnamen bagian dari kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Indonesia berhasil mengirimkan dua wakilnya di babak semifinal melalui pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Jonatan Christie di sektor tunggal putra.

Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto lolos ke semifinal sebagai juara grup B

Pasangan ganda putra nomor 1 Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto dipastikan lolos ke babak semifinal turnamen BWF World Tour Finals 2023, setelah sukses meraih 2 kemenangan dari 3 pertandingan yang dijalankan.

Meski mengalami kekalahan rubber game dengan skor 20-22, 21-17, dan 12-21 atas ganda putra Korea Selatan, Kang Minhyuk dan Seo Seung Jae pada pertandingan terakhir. Namun, Fajar/Rian tetap berhasil keluar sebagai juara grup B di sektor ganda putra dengan perolehan 2 poin. Mereka unggul selisih game atas ganda putra Korea Selatan, Kang Minhyuk dan Seo Seung Jae yang berada diperingkat kedua.

Lawan Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto pada babak semifinal, akan menunggu hasil undian, dimana juara grup akan bertemu dengan runner up grup. Maka dari itu, Fajar/Rian akan berpeluang bertemu kembali ganda putra Korea Selatan tersebut atau akan menghadapi Liang Weikang dan Wang Chang dari China

Jonatan Christie lolos ke semifinal sebagai runner-up grup B

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie harus mengakui keunggulan Li Shi Feng pada pertandingan terakhir babak grup B sektor tunggal putra. Jonatan Christie, menyerah dalam dua game langsung dengan skor 13-21, dan 18-21.

Walaupun mengalami kekalahan pada pertandingan terakhir. Namun, tunggal putra yang biasa disapa dengan Jojo tersebut masih berhasil lolos ke babak semifinal turnamen BWF World Tour Finals 2023, berkat kemenangan straight game pada 2 pertandingan sebelumnya.

Jonatan lolos ke semifinal lewat runner-up grup B. Ia hanya kalah selisih poin atas Anders Antonsen yang berada di puncak klasemen.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline