Lihat ke Halaman Asli

Harris Aryadin

Karyawan Swasta

Lewati Pertandingan yang Sengit, Timnas Jerman Cetak Sejarah Baru pada Piala Dunia U-17 2023.

Diperbarui: 3 Desember 2023   09:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Timnas Jerman Juara Piala Dunia U-17 2023 ( Foto : pialadunia_indonesia / Instagram )

Hasil final Piala Dunia U-17 2023, Timnas Jerman berhasil mencetak sejarah baru, dengan menjuarai Piala Dunia U-17 untuk pertama kalinya.

Piala Dunia U-17 merupakan kejuaraan sepak bola resmi yang diadakan FIFA setiap dua tahun sekali. Kejuaraan ini diikuti oleh setiap negara yang mengirimkan tim nasional sepak bola di kelompok umur di bawah 17 tahun. 

Sebelum dapat mengikuti kejuaraan ini setiap negara akan mengikuti kualifikasi dari masing-masing konfederasi untuk dapat mengikuti Piala Dunia U-17.

Piala Dunia U-17 2023, untuk pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia, mulai 10 November hingga 2 Desember 2023.

Menghadapi timnas Prancis pada partai final, di stadion Manahan, Surakarta, Indonesia, Sabtu, 2 Desember 2023. Jerman berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia U-17 2023, setelah melewati pertandingan adu penalti.

Jerman berhasil unggul lebih dulu lewat tendangan penalti, Paris Brunner dimenit ke 29'. Timnas yang dijuluki sebagai Der Panzer tersebut kembali memperlebar keunggulan dimenit ke 51' melalui Noah Darvich.

Namun, timnas Prancis berhasil memperkecil ketertinggalan dimenit ke 53' melalui Saimon Bouabre. Pada menit ke 69' Jerman harus kehilangan 1 pemainnya, setelah Osawe mendapatkan kartu merah.

Kehilangan satu pemain Jerman mampu dimanfaatkan dengan baik oleh timnas Prancis. Pasalnya timnas yang dijuluki sebagai Les Bleus tersebut, mampu menyamakan kedudukan, setelah Mathis Amougou berhasil menjebol gawang Jerman, dimenit ke 85'. 

Skor 2-2 bertahan hingga pertandingan normal berakhir, dan dilanjutkan ke adu penalti, untuk menentukan sang juara Piala Dunia U-17 2023.

Jerman berhasil menyegel Piala Dunia U-17 2023, setelah memenangkan adu penalti atas Prancis dengan skor 4-3, dari 6 tendangan.

Ini merupakan kali pertama dan menjadi sejarah baru bagi Jerman, dengan berhasil meraih trofi Piala Dunia U-17 2023. Sebelumnya, hasil terbaik timnas Jerman pada Piala Dunia U-17 yaitu, Runner up Piala Dunia U-17 1985. Kala itu mereka takluk atas Nigeria dengan skor 0-2 dibabak final.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline