Lihat ke Halaman Asli

Hal-hal yang Harus Diperhatikan untuk Meningkatkan "[FPS]"

Diperbarui: 12 April 2016   11:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="www.youtube.com/watch?v=_-TKMzMu2sw"][/cAaption]Saat kita bermain game, salah satu faktor yang juga sangat menentukan adalah “FPS”. Sebelumnya, FPS adalah kepanjangan dari “Frame Per Second”. Intinya FPS itu adalah jumlah gambar yang diperoleh per satu detik. Jika angka FPS semakin besar, maka kemungkinan untuk nge-lag semakin kecil dan jika angkanya semakin kecil maka kan terjadi sebaliknya.

Berikut ini adalah cara untuk menigkatkan FPS menurut pengalaman saya alami;

Menurut saya, hal yang paling penting untuk meningkatkan FPS adalah graphic card dan juga perangkat pada komputer yang mendukung grafiknya. Pada komputer, terdapat satu elemen yang penting, yaitu perangkat lunak “[ <:‘ WINDOWS ’:> ]”. Windows sangat berpengaruh pada grafik komputer, dari semua windows yang ada, windows yang paling mensuport adalah Windows 7 dan 8. Menurut saya, Windows 10 kurang mensuport grafik pada komputer, bahkan banyak grafik yang tidak dapat menjalankan sistem pada Windows 10. Oleh karena itu saya sarankan agar tidak memakai windows 10.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah VGA (Video Graphics Adapter). Semakin mahal harga VGA, maka akan semakin bagus dan semakin meningkat FPS-nya.

Hal yang ketiga adalah setup grafik dalam game. Sesuai peri bahasa, “Ambil secukupnya!!!”. Jadi, kalau menyesuaikan grafik, sesuaikanlah secukupnya saja, jangan berlebihan dan juga perhatikan kemampuan VGA-nya.

Hal yang terakhir yang harus diperhatikan adalah kabel-kabel yang mendukung grafik. Saat membeli VGA, pasti terdapat kabel gratis dari VGA-nya, sebaiknya ganti kabel tersebut dengan kabel yang baru dan yang harganya kisaran 90.000 – 200.000 kalau bisa. Dengan digantinya kabel, akan mempercepat perpindahan data dan otomatis akan mempercepat FPS.

Semua itulah hal-hal yang harus diperhatikan supaya FPS pada komputer makin tinggi. Ingat !!! … Semua tulisan ini adalah pengalaman saya sendiri, jadi mohon maaf bila ada kesalahan dalam tulisan. Semoga bermanfaat dan silakan komentar kalau ada yang tidak sesuai. :)

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline