Lihat ke Halaman Asli

harunilhan

Mahasiswa

Mengambil pelajaran dari sebuah masalah

Diperbarui: 7 Januari 2025   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Dalam kehidupan sehari -- hari pasti tidak lepas dari namanya masalah , bukan ?

Setiap orang pasti memiliki masalahnya masing -- masing dari yang kecil sampai yang besar dan dari yang mudah sampai yang susah . kebanyakan orang memilih solusi dan cara yang berbeda -- beda dalam menyelesaikan masalah masalahnya , akan tetapi sedikit yang ngambil pelajaran dari masalah yang di hadapinya karena mereka cuman memikirkan bagaimana cara dan solusi untuk menyelesaikan nya saja , oleh sebab itu tidak heran banyak orang yang tertimpah masalah yang sama atau lebih parah nya mendapakan masalah yang sama kedua kalinya .

Pada zaman sekarang , metode pembelajaran yang konvensional dengan melihat peserta didik sebagai objek dalam perspektif masyarakat zaman sekarang , tidak lagi efektif dipergunakan sebab dianggap ketinggalan zaman , anti social dan otoriter, Kini masyarakat cenderung melihat manusia sebagai satu kesatuan yang egalitarian, sama dan setara, tidak dikotomi dan menjunjung tinggi pemahaman demokrasi dan menghilangkan sekat-sekat agama, siku dan ras dikarenakan terlalu bersifat mementingkan kelompok tertentu . Bahkan Masyarakat dalam segi pandang melihat guru dan murid sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan, sama pentingnya, status dan perannya. Dengan perubahan Masyarakat ini telah memunculkan pola fikir , kreativitas-kreativitas dan metode pembelajaran yang baru pada perserta didik zaman sekarang, Salah satunya adalah Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah..

Problem Based Learning (PBL) adalah metode pengajaran yang berfokus pada cara berpikir peserta didik dan seluruh aktivitas yang dilakukan untuk memperoleh pengetahuan. Dalam pendekatan ini, siswa dihadapkan pada masalah nyata, sehingga mereka ditantang untuk menemukan solusi. Masalah-masalah tersebut membantu mengasah kreativitas berpikir siswa dan memberi mereka peluang untuk mengenali serta menyelesaikan tantangan, sambil memunculkan ide-ide baru yang inovatif dan relevan

Pengembangan yang terjadi bagi siswa :

1.pemikiran yang kritis ; dalam menyelesaikan permasalah yang diberikan guru , siswa membutuhkan refensi dan informasi yang berkaitan dengan masalah agar bisa di teliti dan di analisa solusi dan ide yang baik untuk menyelesaikan masalah tersebut .

2.pemdalaman materi ; siswa lebih memahami dan mendalami materi dikarenakan meraka berperan penting dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi tersebut dan mengetahui sebab dan permasalahan nya .

3.bertanggung jawab ; siswa merasakan bertanggung jawab dan tertantang dalam menyelesaikan masalah yang diberikan guru, baik secara individu ataupun kelompok

4.membiasakan bersosialisa ; dalam metode pembelajaran ini , guru membentuk kelompok untuk menyelesaikan masalah tersebut agar ada rasa saling berkerja sama dan saling bahu -- membahu dalam mencari solusi

beberapa pembelajaran yang banyak diterapkan di sekolah dengan metode problem based learning , sebagai barikut :

1.Ilmu Pengetahuan alam ( IPA )

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline