Lihat ke Halaman Asli

Pengertian Asal Usul Pancasila

Diperbarui: 18 Desember 2022   19:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum wr.wb

Perkenalkan nama saya Muhammad Harun Arrosyid  mahasiswa Universitas Islam Negri Samarinda program studi pendidikan agama islam.Disini saya akan membahas pengertian dan asal mula Pancasila 

 Pancasila adalah asas pedoman bangsa Indonesia, dasar pengambilan keputusan oleh rakyat Indonesia yang mencerminkan kepribadian bangsa, dan dasar peraturan pemerintah provinsi. Secara etimologis, Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta panka yang berarti lima dan sila yang berarti dasar. Jadi Pancasila adalah 5 kubu.

Pemahaman Terhadap Pancasila

Selain pengertian umum tentang pancasila, terdapat beberapa pendapat ahli atau orang dalam memberikan pendapat tentang pengertian pancasila, seperti:

Menurut Ir. Soekarno

Menurut Sukarno, pengertian Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia secara turun-temurun yang telah berabad-abad disembunyikan oleh budaya Barat, dengan demikian Pancasila bukan hanya merupakan falsafah nasional, tetapi juga lebih bersifat umum dinegara Indonesia.

Menurut profesor. Dokter Dokter. Raden Mas Tumenggung Notonagoro S.H.

Konsepsi Notonegoro tentang Pancasila merupakan landasan filosofis bangsa Indonesia, dan dengan demikian dapat diartikan sebagai suatu kesimpulan bahwa Pancasila adalah landasan filosofi dan ideologi bangsa, yang seharusnya menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia. Ini adalah dasar persatuan, simbol persatuan dan kesatuan, dan bagian dari pertahanan bangsa dan negara.

Menurut Muhammad Yamin
Pengertian Pancasila menurut Muhammad Yamin adalah lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang perilaku yang penting dan benar. Pancasila berasal dari kata panka, yang berarti lima, dan sila berarti gabungan, prinsip, dasar, atau aturan perilaku yang penting dan baik.

pancasila secara etimologis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline