Lihat ke Halaman Asli

Wellsy Bakarbessy

Jurnalis Warga

Relokasi Pedagang ke Pasar Apung, Kini Pasar Mardika Ambon Bebas Macet, Teratur, dan Lebih Bersih

Diperbarui: 13 Januari 2022   08:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

"Jalan pantai mardika sekarang tambah luas", tutur Lia seorang pembeli yang didapati usai membeli sayur dan bumbu dapur di dalam los pasar apung mardika.

"Dengan begini pasar jadi lebih bersih dan teratur", tegas Agi yang adalah pengemudi angkutan kota (angkot) yang ditemui parkir di terminal pasar mardika.

Pergi ke Pasar Mardika kini tanpa Macet

Di tahun baru ada yang berbeda dengan kondisi pasar Mardika, kota Ambon. Pedagang yang menjajakan dagangannya di atas jalan raya, kini perlahan dipindahkan ke dalam pasar apung Mardika. 

Melalui Satpol PP, Pemerintah Kota Ambon melakukan proses penertiban dalam rangka revitalisasi pasar Mardika selama beberapa hari terakhir di awal tahun 2022. (12/01)

Kemacetan di Jalan Pantai Mardika terutama di jam dengan intensitas tinggi seperti jam pulang kantor sangat meresahkan masyarakat. 

Selain berfungsi sebagai pasar, Mardika juga mengambil peran sebagai terminal pusat di kota Ambon. Dengan penertiban dan proses revitalisasi pasar yang sedang berlangsung, kini kondisi lalu lintas perlahan lebih longgar karena jalan yang lebih luas.

Mobil angkot dan motor yang lalu lalang menjadi lebih lancar. Pejalan kaki tidak bersesakan saat melintasi jalan Pantai Mardika untuk aktivitas ekonomi pasar, maupun transportasi. Masyarakat kota Ambon menyambut dengan gembira wajah baru pasar mardika yang bebas macet. 

Pasar Apung yang lebih bersih, teratur, dan modern.

Dokpri

Rumah apung pedagang yang semula berada di sepanjang pantai mardika kini telah dirobohkan dan digantikan dengan bangunan pasar Apung yang lebih teratur, lebih besar (dapat dimasukki oleh banyak pedagang), dan pastinya lebih bersih. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline