Lihat ke Halaman Asli

Harry Darmawan Hamdie

TERVERIFIKASI

PNS pada Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Barito Utara, Inisiator Beras Berkah Muara Teweh Kalteng.

Satpol PP, Minuman Beralkohol dan Kekerasan oleh Siswa

Diperbarui: 1 Oktober 2023   04:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi Satpol PP di SMAN 5 Muara Teweh/Dokpri

Pada tahun 2023, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Barito Utara (Satpol PP Kab. Barut) melakukan sosialisasi 3 buah Peraturan Daerah (Perda) yang memiliki sanksi pidana ke 3 sekolah menengah atas di Kabupaten Barito Utara.

Sekolah tersebut berturut turut SMAN 5 Muara Teweh (3 Mei), SMAN 1 Gunung Timang (11 Mei) dan SMKN 3 Muara Teweh (25 Mei) melengkapi 11 Sekolah yang sudah kami sosialisasikan tahun 2021 dan 2022.

Adapun Ketiga Perda yang kami sampaikan adalah Perda Nomor 2 tahun 2021 Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Perda No 2 tahun 2005 Pengelolaan Kebersihan di Kab. Barito Utara dan Perda Nomor 11 tahun 2015 Pengawasan Minuman Beralkohol di Barito Utara.

Ketiga perda tersebut dipilih karena relevan dengan masalah yang sering dihadapi sekolah. Materi Sosialisasi yang pertama adalah Perda KTR, dibahas karena banyak anak-anak sekolah yang menjadi perokok pemula, kadang-kadang iseng merokok di kantin atau WC sekolah. Anak sekolah sering abai kesehatan karena merasa masih muda dan sangat sehat.

Materi Perda pengelolaan kebersihan diberikan karena minimnya kesadaran lingkungan dari masyarakat Barito Utara, masa sekolah adalah masa yang paling baik untuk menanamkan kesadaran lingkungan yang akan mereka warisi di masa yang akan datang.

Perda yang ketiga adalah Perda pengawasan minuman beralkohol. Sosialisasi perda ini diharapkan mampu menahan kondisi darurat minuman alkohol di Kab. Barut terutama konsumsi miras oleh anak-anak sekolah. Batasan usia mengkonsumsi minuman beralkohol di Perda 11/2015 ini adalah 21 tahun.

Sosialisasi  di SMKN 3 Muara Teweh

Perda minuman beralkohol memang menjadi bahasan yang paling utama karena dampak pelanggarannya dirasakan langsung oleh masyarakat.

Minuman beralkohol merupakan produk yang sangat berkaitan dengan kesehatan dan mempengaruhi perilaku dalam kehidupan bermasyarakat. Pecandu minuman beralkohol dapat menjadi penyakit masyarakat yang dapat mengganggu keamanan, ketenteraman dan ketertiban.

Anak sekolah yang terpapar minuman beralkohol lebih agresif dan cenderung sulit mengendalikan diri, apalagi kalo mabuk. Salah satu sumber kenakalan anak sekolah bisa berasal dari minuman keras. Banyaknya kasus kekerasan oleh siswa perlu dilacak keterkaitannya dengan konsumsi minuman beralkohol.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline