Lihat ke Halaman Asli

Harry Darmawan Hamdie

TERVERIFIKASI

PNS pada Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Barito Utara, Inisiator Beras Berkah Muara Teweh Kalteng.

Sekali Lagi, Rokok! dan 390 Warung Toko Penjual Rokok.

Diperbarui: 21 November 2022   10:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

390 Toko yang menjual rokok di Kab Barito Utara. Jumlah pedagang rokok itu pun belum seluruhnya karena pendataan masih akan dilanjutkan di tahun depan.

Sejak September 2022 Kami memang gencar mensosialisasikan larangan menjual rokok kepada anak usia dibawah 18 tahun atau anak dengan seragam sekolah.


Fase pertama sosialisasi Perda Kawasan Tanpa Rokok adalah sekolah sekolah dan perkantoran, maka fase kedua sosialisasi adalah pedagang rokok (Toko, warung, minimarket yang menjual rokok).

Dengan sumber dana dan sumber daya yang ada kami berusaha optimalkan untuk mendapatkan output semaksimal mungkin. Satu Kegiatan (sosialisasi) kami tempelkan sasaran lain (pendataan) yang bermanfaat untuk kebijakan di tahun depan.

Dengan tajuk Sosialisasi Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) kami sosialisasikan pasal larangan menjual rokok kepada anak sekolah atau usia kurang dari 18 tahun. Selain itu kami juga melakukan pendataan toko/warung/minimarket yang menjual rokok.

Melihat banyaknya jumlah toko yang menjual rokok, penegakan Perda KTR tentu pekerjaan yang berat.

Maraknya penjual rokok tentu saja memanjakan perokok, karena mendapatkan rokok masih mudah dan dekat bahkan bagi masyarakat yang tinggal di ujung desa sekalipun.

Kontrol Satpol PP terhadap pedagang yang letaknya jauh dari Kabupaten, tapi sering kali dekat dengan sekolah sekolah di Kecamatan sulit dan berbiaya tinggi. Harus dipikirkan agar kecamatan bisa berperan dalam "perang" melawan rokok ini.

Naiknya cukai rokok yang berakibat pada naiknya harga rokok juga menimbulkan masalah baru yaitu timbulnya rokok rokok ilegal yang sangat murah dan mungkin lebih tidak sehat.

Pemberantasan rokok ilegal menjadi tambahan pekerjaan rumah bagi Satpol PP. Rokok ilegal murah adalah alternatif pagi pelajar dan perokok kismin selain rokok eceran dan lintingan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline