Lihat ke Halaman Asli

Harry Sumartin

Mahasiswa Biologi Universitas Andalas

Efisiensi, Perawatan dan Pemeliharaan Drainase di Nagari Pakan Rabaa Tengah

Diperbarui: 2 September 2022   00:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok pribadi

Oleh : Dr. Ir. Yuliaty Shafan Nur, M.S dan Mega Anisa Putri

Pakan Rabaa Tangah, Sumatera Barat (19/8/2022), Mega Anisa Putri, Mahasiswi KKN PPM Universitas Andalas dibawah arahan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Ir. Yuliaty Shafan Nur, M.S. dan Wali Nagari Pakan Rabaa Tengah Jasman, Dt. Sampono Basau, melaksanakan perawatan dan Pemeliharaan Drainase di Nagari Pakan Rabaa Tengah.

Efisiensi, Perawatan dan Pemeliharaan Drainase merupakan salah satu bentuk program kerja Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan di Nagari Pakan Rabaa Tengah. 

dok pribadi

Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar untuk lebih peduli terhadap keberhasilan lingkungan terutama drainase atau selokan. 

Hal ini juga bermanfaat untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya banjir di daerah sekitar drainase. Tindakan yang dapat dilakukan adalah mengajak seluruh masyarakat disekitar daerah tersebut ikut terjun membersihkan semua sampah,tanaman liar dan endapan tanah serta sedimen yang ada dalam drainase sehingga aliran air dalam drainase menjadi lancar dan normal dari sebelumnya tersumbat akibat sampah, tanaman liar dan endapan tanah. 

dok pribadi

Sedangkan tindak lanjut yang dilakukan adalah memberikan penyuluhan mendalam kepada masyarakat tentang efek negatif dari tersumbatnya drainase serta menekankan gotong royong rutin untuk membersihkan drainase. Selain itu, juga dilakukan pemasangan Pelang larangan membuang sampah disekitar drainase.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline