Lihat ke Halaman Asli

Harris Maulana

TERVERIFIKASI

Social Media Specialist

Iseng Membongkar Lapisan Kemasan Minuman

Diperbarui: 22 Desember 2016   18:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebuah keisengan dapat menimbulkan pengetahuan dan ilmu baru. Seperti ketika saya mengamati sebuah minuman kemasan yang terbuat dari karton. Setelah menyedot habis seluruh isinya, lantas kepikiran kemasan ini kan terbuat dari kertas karton, tapi kok dari proses produksi hingga tanggal kadaluarsa bisa bertahan begitu lama. Apa tidak akan bocor jika terkena air? atau mengembung ketika terkena cahaya matahari? Karena dengan bahan materi kertas, terbilang lebih rentan dibanding dengan bahan plastik atau kaleng. Karena itulah saya ingin lebih detail lagi mengetahui lapisan karton kemasan yang dapat melindungi dan menjaga kualitas makanan.

Minuman kemasan yang saya amati adalah kemasan dari Tetra Pak yang banyak mengemas berbagai jenis minuman mulai dari susu, juice, kopi, teh, yogurt hingga santan. Jadi kemasan dari Tetra Pak ini unik, dia mengemas berbagai jenis minuman yang diproduksi oleh perusahaan lain yang berbeda. Tetra Pak ini bukan sebuah perusahaan produksi minuman atau makanan tapi sebuah perusahaan spesialis pengemasan minuman atau makanan yang melindungi keamanan makanan atau food safety agar kualitasnya tetap terjaga dan aman dikonsumsi.

Secara kasat mata lapisan karton kemasan terluar terlihat seperti dilapisi semacam plastik yang melindungi dari unsur basah. Untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang hal ini, membawa saya untuk melakukan eksplorasi dan hal pertama yang dilakukan adalah : googling. Dan saya menemukan sumber informasi yang terpercaya yang didapat dari website official Tetra Pak langsung.

Lapisan karton kemasan Tetra Pak terdiri dari enam lapisan karton. Ternyata banyak juga ya, kirain cuma tiga atau empat lapisan. Mari kita jelaskan satu per satu.

1. Lapisan terluar, yaitu lapisan Polietilen berfungsi untuk melindungi terhadap kelembaban atau moisture. Lapisan ini berfungsi melindungi dari basah atau air. Jadi jika terkena air, air tersebut tidak akan menyerap, air akan langsung mengalir seperti jika air menyentuh daun talas.

2. Kemudian setelah itu ada lapisan kertas yang menjaga stabilitas dan kekuatan. Kertas melindungi agar kemasan tetap kokoh dan kuat.

3. Setelah lapisan kertas diselingi lagi oleh lapisan Polietilen sebagai lapisan perekat. Jadi berfungsi sebagai proteksi lapisan kedua.

4. Lalu dilapisi oleh Aluminium foil yang berfungsi sebagai pelindung terhadap gas (udara), sinar, bau dan rasa atau flavor. Lapisan ini dapat menjaga kualitas minuman atau makanan agar tetap tidak berubah rasa.

5. Lapisan kelima diselingi lagi oleh lapisan Polietilen sebagai lapisan perekat. Dengan demikian ada triple pelindungan polietilen.

6. Dan yang terakhir menggunakan lapisan M-polietilen sebagai lapisan paling dalam yang kontak dengan produk dan berfungsi pada penge-seal-an (pengkeliman).

[caption caption="6 Lapisan dalam kemasan minuman (Sumber Tetra Pak)"][/caption]Setelah mengetahui dengan jelas keenam lapisan karton kemasan minuman atau makanan yang dilakukan oleh Tetra Pak tentu hal ini sangat bermanfaat dan berfungsi untuk melindungi keamanan makanan atau food safety. Selain itu juga dapat menjaga kualitas minuman agar tetap terjaga mulai dari proses produksi sampai dikonsumsi. Dan point utama yang penting adalah lapisan karton kemasan dapat menjaga kebaikan makanan agar dapat dikonsumsi dengan aman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline