Lihat ke Halaman Asli

Harris Maulana

TERVERIFIKASI

Social Media Specialist

"Nutrisi Untuk Bangsa" Edukasi Gizi Melalui Jejaring Sosial

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Apakah diantara Kompasianer ada yang tahu hari ini diperingati sebagai hari apa? Jujur saya juga tidak tahu kalau kemarin tidak menghadiri acara "Nutrisi Untuk Bangsa" yang diadakan Sari Husada di Kids Festival - Gelora Bung Karno, Jakarta pada hari selasa (24 Januari 2012) Ya hari ini 25 Januari diperingati sebagai  Hari Gizi Nasional. Untuk menyambut hari istimewa tersebut Sari Husada yang sangat  peduli terhadap gizi bayi, balita dan bunda-nya melakukan peluncuran tampilan baru website "Nutrisi Untuk Bangsa". Peluncuran ini dihadiri oleh manajemen Sari Husada serta aktifis sosial media yang memiliki kepedulian terhadap gizi bunda dan balita. Sari Husada berusaha meningkatkan edukasi melalui sosial media karena pengguna sosial media seperti facebook dan twitter di Indonesia semakin pesat. Selain itu informasi yang disampaikan melalui internet sangat cepat dan mudah. Kini berbagai informasi tentang gizi dapat dilihat di website : www.nutrisiuntukbangsa.org, fanspage Facebook Nutrisi Untuk Bangsa dan Twitter @Nutrisi_Bangsa. Ibu Yeni Fatmawati selaku Corporate Affairs and Legal Director Sari Husada mengatakan, "Selama 55 tahun, Sari Husada menekankan pada upaya penyediaan nutrisi berkualitas namun terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan menengah dan bawah. Sampai saat ini kami masih memberikan fokus perhatian kepada 360 minggu pertama dalam kehidupan awal manusia - mulai dari masa pra kehamilan hingga anak berusia 6 tahun, lanjutnya. Dan memang produk Sari Husada dikenal terjangkau oleh segala lapisan masyarakat seperti susu formula SGM Presinutri dan Lactamil. Kini sudah ada di pasaran produk Gizikita yang harganya cuma Rp 500,- (lima ratus rupiah) alias gope. Hari gini uang segini dapat apa coba? Anak-anak saja pasti memandang sebelah mata. Tapi Sari Husada berhasil mengeluarkan produk murah tersebut. Murah tapi tidak murahan karena didalamnya terkandung gizi yang seimbang. Sari Husada yang berdiri sejak tahun 1954 di Jogjakarta dengan nama NV Saridele itu juga berinisiatif dalam bidang sosial antara lain seperti : Ayo Melek Gizi, Warung Anak Sehat, Kebun Nutrisi, Nutritalk, Srikandi Award dan memberikan cuti hamil kepada pegawainya selama 4 bulan. Ini merupakan terobosan baru karena selama ini cuti hamil yang diizinkan hanya 3 bulan. Status gizi dan kesehatan bunda dan balita masih menjadi masalah besar di Indonesia, dimana angka kematian ibu melahirkan masih tinggi sementara jumlah balita penderita kurang gizi dan gizi buruk jumlahnya masih cukup signifikan. Salah satu penyebab terjadinya masalah ini adalah kurangnya pengetahuan tentang gizi sehingga upaya penyebaran informasi tentang gizi bunda dan balita masih sangat diperlukan. Sebagai bagian dari upaya mengajak masyarakat agar lebih memiliki pengetahuan tentang pentingnya gizi, sejak pertengahan tahun 2010, Sari Husada mencanangkan kampanye "Nutrisi Untuk Bangsa" melalui berbagai media termasuk jejaring sosial. Bapak Arif Mujahidin selaku Senior Manager Corporate Communication Sari Husada mengatakan bahwa program edukasi gizi dan kesehatan secara terintegrasi baik melalui kegiatan penyuluhan langsung, media konvensional serta media sosial terbukti efektif dan mendapat sambutan positif. Untuk memperluas jangkauan komunikasi, selain menghadirkan nara sumber ahli gizi dan kesehatan yang kompeten, Sari Husada yang sejak tahun 2008 bergabung dengan Danone Group sering melibatkan wartawan maupun aktifis jejaring sosial seperti blogger, fans, follower dalam setiap kegiatan besar. Dan dampaknya cukup besar dengan banyaknya artikel berupa tulisan maupun informasi tentang gizi dan kesehatan. Dan mulai hari ini hingga tanggal 24 Maret 2012 diadakan lomba menulis blog dengan tema "Ayo Dukung Bunda : Kesehatan Bunda" dengan hadiah iPAD2, Galaxy Tab dan Blackberry Onyx 2. Untuk syarat dan ketentuannya bisa dilihat di websitenya. Semoga kegiatan edukasi yang dilakukan akan membawa manfaat bagi bunda dan balita serta meningkatkan pengetahuan gizi dan kesehatan masyarakat, jelas ibu Yeni. Salut untuk Sari Husada yang berjuang untuk meningkatkan gizi masyarakat Indonesia yang seharusnya merupakan tugas dari pemerintah bidang kesehatan. Selamat Hari Gizi Nasional! Ayo Dukung Sari Husada untuk meningkatkan Gizi Serta Kesehatan Bunda dan Balita Melalui Jejaring Sosial. Ibu Yeni Fatmawati sedang memberikan penjelasan tentang gizi Penampilan baru website : www.nutrisiuntukbangsa.org Beberapa penggiat sosial media yang hadir dalam acara Kampung Gizi - stand Sari Husada di Kids Festival , ada kebun nutrisi, warung akan sehat dan konsultasi gizi (sumber foto : fans page Facebook "Nutrisi Untuk Bangsa")




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline