Lihat ke Halaman Asli

harman dahsyat

Be Inspiring and Useful for Others

Pemasaran Holistik dan Manajemen Pemasaran Modern

Diperbarui: 5 Februari 2024   10:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Edi Nurtjahjadi, Holistic Marketing Concept: Evolusi Konsep Pemasara 

Mengulik tema, ide dan perbincangan tentang pemasaran selalu menarik dan dinamis untuk selalu dikaji dan didiskuasikan. Terlebih jika kita membahas tentang strategi pemasaran yang terus berubah dari masa ke masa.

Pemasaran adalah kegiatan bisnis, seni dan pengetahuan yang dirancang untuk merencanakan, mempromosikan, serta mendistribusikan produk atau jasa dalam memenuhi kebutuhan secara menguntungkan. Konsep pemasaran menyatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi adalah menjadi lebih efektif dibandingkan dengan pesaing dalam menciptakan, mendistribusikan, dan menyampaiakan nilai pelanggan superior ke target pasar.

Kotler Keller dalam bukunya Intisari Manajemen Pemasaran (2021), terjemahan dari buku Framework for Marketing Management (2016)  menyebutkan bahwa konsep pemasaran holistik berbasis pada pengembangan, desain, serta implementasi dari program, proses dan kegiatan pemasaran yang mengenal luas maupun saling ketergantungan di antara mereka. Pemasaran holistik mengakui bahwa semua hal penting di dalam pemasaran , perspektif yang luas, dan Ter Integrasi kerap kali dibutuhkan.

Empat komponen atau dimensi dari pemasaran holistik diantaranya adalah pemasaran relasional, pemasaran terintegrasi, pemasaran internal dan pemasaran kinerja dengan skema sebagai berikut :

Pemasaran Relasional (Relationship Marketing)

Pemasaran relasional adalah pendekatan pemasaran yang menekankan pentingnya membangun dan memelihara hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Philip Kotler menggarisbawahi pentingnya menciptakan nilai jangka panjang bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan mereka. Ia mengatakan bahwa pelanggan yang puas cenderung tetap setia dan dapat menjadi pelanggan berulang yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Empat komponen utama pemasaran relasional diantaranya adalah pelanggan, karyawan, mitra pemasaran (saluran, pemasok, distributor, dealer, atau Lembaga) dan anggota komunitas finansial (pemegang saham, investor, atau analis). Pemasar harus menciptakan kemakmuran diantara semua komponen tersebut dan menyeimbangkan pendapatan untuk semua pemegang saham utama.

Hasil terpenting dari pemasaran relasional adalah jaringan pemasaran yang terdiri dari perusahaan maupun stakeholder pendukungnya (pelanggan, karyawan, pemasok, distributor, pengecer, dan lainnya) sehingga bisa menciptakan hubungan yang saling menguntungkan.

Pemasaran Terintegrasi (Integrated Marketing)

Perusahaan seharusnya tidak hanya menggunakan satu saluran komunikasi atau alat pemasaran saja, tetapi mengintegrasikan berbagai elemen pemasaran untuk mencapai efektivitas yang maksimal. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline