Lihat ke Halaman Asli

Hariyono Leaks

Berita untuk rakyat, bukan untuk pejabat

Kejari Banyuwangi Tahan 3 Tersangka Tenggelamnya KMP Yunicee

Diperbarui: 14 September 2021   11:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KMP Yunicee sebelum tenggelam/Dokpri

BANYUWANGI - Berkas perkara hasil penyidikan yang dilakukan aparat penegak hukum atas tragedi tenggelamnya KMP Yunicee yang berlayar di selat Bali pada 29 Juni 2021 lalu, saat ini dinyatakan lengkap alias P21. Dengan lengkapnya berkas penyidikan tersebut, akhirnya Kejaksaan Negeri (Kejari) Banyuwangi menetapkan tiga orang tersangka dan langsung melakukan penahanan terhadap ketiganya, Senin (13/9/2021).

KMP Yunicee sebelum tenggelam/Dokpri

Dari penjelasan yang disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi Mohammad Rawi bahwa ketiga tersangka adalah, IS selaku Nakhoda KMP Yunicee, NW selaku Kepala Cabang KMP Yunicee dan RMS selaku Syahbandar Korsatpel BPTD Pelabuhan Ketapang. 

"Berkas perkara telah lengkap dan saat ini telah dilakukan penahanan terhadap ketiganya," ucap M. Rawi. 

Proses evakuasi penumpang KMP Yunicee/Dokpri

M. Rawi juga menambahkan, sambil menunggu berkas perkara didaftarkan ke Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi, untuk sementara pihaknya telah menyerahkan penahanan ketiga tersangka tersebut ke Polresta Banyuwangi. Nantinya, apabila berkas perkara sudah didaftarkan, maka penahanan ketiganya akan dipindah ke Lapas Banyuwangi. 

Proses evakuasi penumpang KMP Yunicee/jawapos.com

Sebelumnya pada hari Jum'at (10/9/2021), Kejari Banyuwangi telah menerima pelimpahan berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka atas tenggelamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee dari penyidik Direktorat Polisi Perairan Korps Kepolisian Perairan dan Udara Badan Pemeliharaan Keamanan Kepolisian Republik Indonesia (Korpolairud Baharkam) Mabes Polri.

"Berkas sudah kita limpahkan ke Kejari Banyuwangi pada Jum'at kemarin. Pelimpahan merupakan arahan langsung dari Kejagung," ujar Kasidik Korpolairud Baharkam Mabes Polri AKBP Nurhadi. 

Proses evakuasi penumpang KMP Yunicee/radarbanyuwangi.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline