Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Melakukan Edukasi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19

Diperbarui: 9 Agustus 2021   20:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Adanya pandemi Covid-19 yang semakin lama semakin menyebar di wilayah Semarang ini membuat masyarakat harus lebih waspada dan berhati -- hati berkegiatan sehari -- hari. Wilayah Semarang dan sekitarnya pada masa kini sedang diserang dengan kondisi pandemi Covid-19. Kasus Covid-19 di wilayah Semarang saat ini sedang mengalami peningkatan drastis atau yang biasa dikenal dengan gelombang kedua. 

Seiring dengan berjalannya waktu mengharuskan masyarakat di wilayah Semarang harus bisa lebih beradaptasi dan meningkatkan berbagai protokol kesehatan yang suka tidak suka harus dijalani. Banyak penyesuaian yang harus lebih dilakukan di Kota Semarang.Minimnya pengetahuan dan realisasi masyarakat tentang pencegahan penularan virus Covid-19 mulai dari informasi tentang virus Covid-19, cara membangun imun bagi tubuh agar masyarakat dapat menangkal rantai penyebaran virus Covid-19, hingga kegiatan yang dapat dilakukan di wilayah RW untuk mencegah sistem penularan Covid-19.

Melihat kondisi di lingkungan sekitar RW 12 Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang diharapkan masyarakat di lingkungan RW 12 juga tetap menjalankan protokol kesehatan dalam kegiatanya sehari -- hari dan tidak takut untuk melapor apabila ada anggota keluarga yang terpapar Covid-19 sehingga masyarakat sekitar juga dapat melaksanakan upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 dan dapat saling tolong menolong warga sekitar yang tengah terpapar virus Covid-19 dalam memenuhi kebutuhan pada saat isolasi mandiri di rumah melalui "rukun tonggo". 

dokpri

Program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pertama yang dilakukan berkaitan dengan pencegahan Covid-19 yaitu mengenai "Edukasi Pencegahan penyebaran Covid-19 melalui Poster dan Banner di wilayah RW 12 Kelurahan Srondol Wetan". Pelaksanaan program ini melibatkan warga RW 12 Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan membagikan poster mengenai pencegahan penyebaran Covid-19  melalui Poster dan Zoom Meeting. Selain itu dilakukan pula penempelan poster di balai RW 12. Pemberian edukasi dan adanya poster ini berguna agar warga tetap ingat bahwa Covid- 19 masih ada tetapi tidak perlu panik untuk menghadapinya, sehingga kegiatan bisa tetap berjalan tetapi dengan mematuhi protokol kesehatan.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline