Lihat ke Halaman Asli

Tipe-Tipe Karakter Serta Kebiasaan Dosen yang Disenangi Maupun Kurang Disenangi oleh Mahasiswa

Diperbarui: 17 Juni 2015   19:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hay sahabat kompasiana, kali ini saya akan memuat tulisan tentang opini saya mengenai tulisan senior saya di kompasiana yang mengomentari tentang tulisan dosen kami yang di posting tempo laludengan judul “dosen seperti apa yang di sukai mahasiswa?”. Nah, saya tidak mau ketinggalan memberi komentar nih, tidak ada maksud apa-apa hanya sekedar berpendapat siapa tahu bisa di jadikan bahan sumber inspirasi bagi para pembaca. Hehe

Saya mengawali karir saya sebagai mahasiswa pada tahun2012 , dan jika di hitung-hitung dari tahun tersebut hingga detik ini tahun 2014 maka bisa di bilang saya telah menjadi mahasiswa senior ( baru ji semester 5, hehehe), yaaa… setidaknya ada dua angktan di bawah saya. Berhubung karena sudah menjadi senior sekitar 2 tahun lebih, maka secara otomatis saya sudah di ajar oleh banyak dosen selama 5 semester saat ini. Banyak dosen yang telah memberikan ilmu kepada saya, semakin menambah pengetahuan saya mengenai studi saya sekarang dan tidak hanya pengetahuan soal pelajaran kuliah yang bertambah tapi pengatahuan mengenai karakteristik dan kebiasaan semua dosen yang mengajar dari awal semester hingga saat ini , turut bertambah loh….dan hampir semua karakter dari mereka masih membekas di hati dan pikiran saya. Nah, berikut ini saya akan membahas beberapa tipe dari karakter serta kebiasaan dosen yang disenangi maupun kurang disenangi oleh mahasiswa :

1. Santai, tenang, tapi pada akhirnya menyulitkan

Untuk tipe ini, jujur di fakultas saya banyak dosen mempunyai karakter seperti ini. Awalnya mereka memberikan materi dengan santai, diperhatikan atau tidak diperhatikan oleh mahasiswa mereka tidak mau pusing. Cara mengajarnya mengalir begitu saja, terkadang ada mahasiswa yang sampai mengantuk loh…. yang penting kewajibanya sudah dipenuhi. Dosen tipe ini juga jarang membebani mahasiswa dengan tugas. tapi…. tiba saatnya ujian coba lihat soal yang di berikan, sungguh luar biasa indahnya soal-soal itu, menyulitkan guys!!, kecuali bagi yang sungguh-sungguh belajar atau mahasiswa yang mempunyai otak dewa. Hehehe. Tipe seperti ini yang tidak boleh di anggap remeh.

2. santai tapi menakutkan

Tipe berikutnya hampir sama dengan tipe diatas masih dalam keadaan santai dalam memberikan materi-materi perkuliahan dikelas, kalian mengerti atau tidak mengerti is no problem. tapi….. jika sekali kalian membuat perilaku yang menyimpang di dalam kelas, tahukan perilaku menyimpang di dalam kelas itu seperti apa??, saya kasih contoh deh, bergosib di dalam kelas, ini yang bisa membuat dia murka. Biasanya ambil absen terus , nama kamu di tanya beserta stambuk. Dan lihatlah hasilnya di siakad , huruf E menyambutmu kawan, maka siapkanlah mentalmu untuk berjumpa dengannya lagi di semester depan dengan mata kuliah yang sama Hehehe. Hati-hati loh… dengan tipe seperti ini.

3. on time

Untuk tipe ini, masih jarang di jumpai, biasanya dosen itu suka telat maximal 30 menit didalam kelas. Tapi jujur saya pernah jumpai dosen seperti ini, coba kamu bayangkan sebelum jam perkuliahan dosennya sudah menunggu di dalam kelas, kadang menciptakan situasi yang seharusnya tidak terjadi yaitu ada dosen yang menunggu mahasiswanya untuk kuliah. Hehehe. Terkadang banyak mahasiswa yang telat, sebab dari rumah mereka berangkatnya santai dan sudah memperkirakan tibanya tepat waktu, eh… tiba di kelas ternyata sudah telat!. Dalam keadaan seperti itu tergantung dari dosennya. Kadang ada dosen yang masih mau memberikan toleransi waktu telat sehingga masih bisa di perbolehkan mengikuti perkuliahan tapi ada juga dosen yang sama sekali tidak memberikan toleransi, maka yang terjadi kamunya di suruh tutup pintu dari luar, alias tidak boleh masuk. Sejujurnya saya cukup menyukai dosen seperti ini, setidaknya mengajarkan kita untuk lebih disiplin lagi.

4. kiler dan emosian

Tipe ini merupakan tipe yang kurang disenangi oleh hampir sebagian mahasiswa, ehmmm.. bukan hampir sih tapi seluruh mahasiswa. Hehehe. Tipe seperti ini biasanya sangat ditakuti oleh mahasiswa. Pembawaanya yang jutek serta sedikit-sedikit marah, dan jika sudah marah jangan harap ada toleransi. Saya punya pengalaman dengan dosen seperti ini, saat itu saya dan teman saya bermasalah mengenai tugas kelompok, karena pada saat itu saya lupa mengetik nama dari salah satu anggota kelompok saya. Maka pergilah saya menghadap dosen tersebut dengan niat mengkonfirmasi masalah itu, tapi… belum saja tiba di hadapannya, baru mau menuju kearahnya yang pada saat itu lagi santai bercerita, dan coba kalian bayangkan dosennya sudah pasang ekspresi yang kurang menyenangkan, dan tragisnya saat itu saya di cuekin pemirsa L bisa dibayangkan betapa malangnya nasibku saat itu. Tapi… pada saat itu saya tetap bersabar dan dibawah kalem aja kelless…..^_^ mencoba mengerti bahwa itu merupakan cobaan seorang mahasiswa.

5. dosen pendiam

Serius untuk tipe yang satu ini saya pernah jumpai. Nah bayangkan guys, si dosen tiba dikelas kemudian duduk, setelah itu mahasiswa disuruh buka materi yang telah di fotocopy kemudian baca setelah itu jawab soalnya. Pertanyaannya apa yang dilakukan dosennya? , ya dosennya hanya duduk kemudian sesekali mundar mandir didalam kelas memeperhatikan mahasiswanya setelahn itu duduk lagi, dan coba tebak di saat kapan dosennya ngomong?.. pada saat mengabsen pemirsa! . Setelah itu perkuliahan selesai. Kira-kira menurut kalian bagus tidak tipe kayak gini?

6. dosen yang senang memberi kejutan

Untuk tipe ini, kejutan yang diberikan bukan dalam bentuk hadiah, tapi biasanya dalam bentuk kuis mendadak. Misalnya hari ini dosennyamasuk memberikan materi kuliah seperti biasa, nah tanpa adanya kesepakatan terlebih dahulu, pertemuan selanjutnya si dosen berkata “ kalian ambil kertas selembar, tulis nama dan stambuk!”. Bagaikan petir disiang hari, siap tidak siap yuk kita kuis. -__-

7. dosen php (pemberi harapan palsu)

Untuk tipe ini, paling sering dijumpai oleh mahasiswa. Phpnya bukan dalam hal masalah materi perkuliahan, tapi masalah kehadiran dosen itu di dalam kelas. Kadang ada dosen yang tidak jelas dia mau masuk ngajar atau tidak, kadang sering di hubungi oleh ketua tingkat tapi tidak diangkat-angkat telfonnya, di sms tidak di balas-balas, maka sebagai mahasiswa kami hanya bisa duduk manis menunggu kehadiran dosen tersebut. Untung aja kalau nunggunya sudah lama tapi ternyata jadi masuk, yang menyedihkan itu sudah ditungguin berjam-jam tapi ternyata tidak muncul, saya hanya bisa bilang “sakitnya tuh disini….” :D

8. Dosen malas

Ternyata bukan hanya mahasiswa yang suka malas-malasan tapi dosennya juga loh… tidak semuanya sih, tapi sebagian. Hehehe. Saya pernah jumpai dosen seperti ini, coba kalian bayangkan dalam perkuliahankan saat tengah semester maximal 8 kali pertemuan, nah dosen tipe ini hanya masuk 1sampai 2 kali dari pertemuan tersebut, setelah itu tidak masuk-masuk lagi hingga mit semester atau final, hanya titip tugas dan sekalinya keluar nilai semua nilainya di ratakan. Hebatkan! -_-

9. dosen humoris

Nah dosen tipe ini yang biasanya dikangenin sama mahasiswa, pembawaanya dalam memberikan materi santai kemudian di selingi dengan humor-humor singkat. Kita sebagai mahasiswakan jadi enak dalam menerima materi kuliah tidak ada yang merasa tertekan. Tapi jangan terbuai dengan tipe ini, bercanda sih boleh tapi ada saatnya orang serius. Dan hal yang paling menakutkan adalah marahnya orang yang suka bercanda, fatal akibatnya. Tidak percaya, silahkan dicoba buatlah marah orang yang suka bercanda, dan lihat apa yang terjadi.

10. dosen berhati malaikat

Tipe yang terakhir ini sangat spesial, saya baru mengetahui kalau ada dosen seperti ini di fakultas saya. Pokoknya tipe ini yang paling the best dari tipe-tipe yang lain. kenapa saya katakan berhati malaikat , karena tipe dosen seperti ini memang agak beda dengan yang lain dan sangat langkah, paling Cuma 1 atau 2 orang yang dianugrahi tipe seperti ini. Karakternya yang baik, dekat dengan mahasiswanya, tidak jutek, tidak sombong, welcome terhadap kritikan dari mahsiswanya, sifat kepedulian yang besar dimilikinya, tidak mau menyulitkan, serta yang paling penting dia menjadi sosok motivator bagi kami. Di fakultas saya ada dosen seperti ini, saya tidak perlu menyebutkan namanya, yang jelas saya sangat mengagumi dosen ini, J

Guys, demikianlah tipe-tipe karakter dan kebiasaan para dosen yang saya pelajari selama jadi mahasiswa, sebanarnya masih banyak yang saya belum sebutkan, kalian boleh kok tambahkan sesuai dengan pengalaman kalian selama jadi mahasiswa. Dan dari tulisan saya silahkan kalian pilih, tipe mana yang paling baik menurut kalian.

Sebelumnya saya minta maaf, tidak ada maksud mau menyinggung siapapun di tulisan ini, saya hanya sekedar berbagi opini dengan kalian. Jadi kesimpulannya, apapun dan bagaimanapun karakter dan kebiasaan dari seorang dosen, kita harus berusaha menerimanya. Karena menenurut saya seorang dosen mempunyai cara tersendiri untuk melihat mahasiswanya berhasil. Sehingga intervensi yang mereka terapkan, kadangkala ada yang menyenangkan dan ada juga yang menyulitkan. Tapi itu semua adalah sebuah proses untuk menggapai sebuah impian dibangku perkuliahan. maka kita harus jalani proses itu dengan penuh kesabaran dan selalu ikhtiar. Fighting guys!

@hariskapratiwi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline