Lihat ke Halaman Asli

Hari Bagindo Pasariboe

Statistician @ Indonesian Statistics

3#Revolusi Mental ala Wallace D Wattles

Diperbarui: 17 Juni 2015   19:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

e:hari.bagindo@gmail.com

Pengantar

Sebuah Transliterasi oleh Hari Bagindo  dari"The Science of Getting Rich, karya Wallace D Wattles,1910,

Tulisan ini adalah  sebuah pragmatisme, bukan filosofis; sebuah petunjuk praktis, bukan sebuah risalah teori. Dimaksudkan  untuk setiap orang yang kebutuhan yang paling mendesak adalah untuk uang; ingin kaya terlebih dulu dan berfilosofi kemudian. Tulisan ini bagi mereka  yang inginkan hasil dan yang bersedia untuk mengambil kesimpulan ilmu pengetahuan sebagai dasar untuk bertindak, tanpa masuk ke dalam tiap-tiap proses  hingga dicapai kesimpulan.
Diharapkan pembaca akan mengambil penyataan-pernyataan mendasar  dengan penuh keyakinan, sama seperti  pada saat kita meyakini hukum kelistrikan yang sampaikan olehMarconi atau Edison; dan menerima pernyataan tersebut dengan keyakinan, bahwa ia akan terbukti kebenarannya dan bertindak atas mereka tanpa rasa takut atau ragu-ragu. Setiap orang yang melakukan sesuai dengan  petunjuk ini tentu akan menjadi kaya; karena pengetahuan terapan in adalah sebuah ilmu pasti, dan kegagalan sangat tidak mungkin terjadi.

APAKAH PELUANG DIMONOPOLI?#3

TIDAK  seorangpun tetap miskin karena kesempatan telah diambil darinya; karena orang lain telah memonopoli kekayaan, dan telah memasang pagar di sekelilingnya. Mungkin tertutup bagi Anda untuk terlibat dalam bisnis di bidang tertentu, tetapi ada jalan lainnya terbuka untuk Anda. Mungkin akan sulit bagi Anda untuk mengontrol  satu sistem perkereta-apian yang besar; dan bidang ini dimonopoli. Tapi bisnis kereta api listrik saat itu masih dalam masa pertumbuhan, dan menawarkan banyak ruang untuk keterlibatan banyak perusahaan; dan saat itu lalu lintas dan transportasi udara masihsangat sedikit dan memerlukan waktu yang panjang sampai akan menjadi industri besar (saat buku ini ditulis), dan dalam tiap cabang akan memberikan menciptakan pekerjaan bagi ratusan ribu, dan mungkin jutaan, orang. Mengapa tidak mengalihkan perhatian Anda pada pengembangan transportasi udara, bukannya bersaing  dengan JJ Hill dan lain-lain untuk kesempatan di dunia perkereta-apian dengan mesin uap?

Memang benar bahwa jika Anda seorang pekerja yang dipekerjakan perusahaan baja Anda memiliki sangat sedikit kesempatan untuk menjadi pemilik pabrik di mana Anda bekerja; tetapi juga benar bahwa jika Anda akan memulai untuk bertindak dengan cara tertentu, Anda dapat segera meninggalkan mempekerjakan pada pabrik baja ; Anda dapat membeli sebuah peternakan sekitari 10-40 hektar, dan terlibat dalam bisnis sebagai produsen bahan makanan. Ada kesempatan besar saat ini untuk petani dengan lahan yang sempit dan melakukan pengolahan secara intensif; orang ini  tentu akan menjadi kaya. Anda mungkin mengatakan bahwa tidak mungkin bagi Anda untuk mendapatkan sebidang tanah, tapi saya akan membuktikan kepada Anda bahwa bukan tidak mungkin bahwa Anda pasti bisa mendapatkan sebuah pertanian jika Anda akan melakukan pekerjaan dengan cara tertentu

Pada periode tertentu gelombang kesempatan terarah pada arah tertentu, sesuai dengan kebutuhan keseluruhan, dan tahapan tertentu evolusi sosial yang telah dicapai. Saat ini (saat buku ini ditulis), Amerika, terarah pada pertanian dan industri dan profesi terkait. Saat ini, peluang terbuka sebagai pekerja pabrik dalam bidang ini. Juga terbuka bagi pebisnis yang memasok bagi petani lebih banyak dari sebelumnya bagi pebisnis yang memasok
pekerja pabrik; dan juga bagi para profesional yang menjual jasa bagi petani lebih dari banyak dari yang melayani kelas pekerja.

Ada banyak kesempatan bagi orang yang akan mengikuti gelombang peluang, alih-alih mencoba berenang melawan itu.

Jadi para pekerja pabrik, baik sebagai individu maupun sebagai sebuah kelas pekerja, tidak kehilangan kesempatan. Para pekerja tidak sedang “dikekang” oleh majikan mereka; mereka tidak menjadi “dasar” bagi kombinasi eksekutif dan pemilik modal. Sebagai warga kelas pekerja, di mana mereka berada sekarang  dikarenakan mereka tidak melakukan sesuatu dengan cara tertentu. Jika para buruh di Amerika memilih untuk melakukannya, mereka bisa mencontoh saudara-saudara mereka di Belgia dan lainnya negara, dan membangun department store besar dan industri koperasi; mereka bisa memilih orang-orang dari kelas mereka sendiri untuk mengelola kantor, dan meloloskan undang-undang yang mendukung pengembangan industri koperasi tersebut; dan dalam beberapa  tahun kedepan mereka bisa menguasai bidang industri dengan damai.

Kelas pekerja dapat menjadi kelas menengah pada saat mereka mulai melakukan sesuatu dengan dengan cara tertentu; hukum kekayaan sama bekerja bagi mereka seperti bagi semua orang. Mereka harus belajar; dan mereka akan tetap berada di mana mereka berada sekarang selama mereka terus melakukan apa yang mereka lakukan. Para wirausahawan tidak ditahan oleh ketidaktahuan atau oleh kemalasan mental kelasnya; mereka dapat mengikuti gelombang kesempatan menuju kekayaan, dan buku ini akan memberitahukan caranya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline