Lihat ke Halaman Asli

Hariana Septi

Mahasiswa

Pembelajaran Kooperatif dan Teori Interdepedensi Sosial Oleh Vygotsky

Diperbarui: 28 Oktober 2024   16:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembelajaran Kooperatif dan Teori

Interdepedensi Sosial

          Pembelajaran kooperatif yangd ikonstruksi oleh hubungan antara teori, riset dan pelaksanaan. Pada tulisan ini penulis berusaha memberikan gambaran pembelajaran kooperatif yang lebih memadai dengan menonjolkan komponen-komponen di dalamnya serta mengangkat teori interdepensi social sebagai elemen penting dalam

pembelajaran kooperatif Teori Interdepedensi sosial menyediakan dasar pemikiran pada sesuatu yang akan dibangun oleh pembelajaran

kooperatif. Tulisan ini disadur dari karya dua bersaudara yaitu DW Johnson & R. Johnson.Kedua bersaudara ini merupakan pengembang pembelajaran kooperatif dengan temuannya yaitu mengenai metode Learning Together dan Constructive Contriversion. Menurut DW Johnson dan R.Johnson pembelajaran kooperatif tidak bisa disamakan dengan pembelajaran kelompok, pembelajaran kelompok akan terlihat layaknya pembelajaran kooperatif jika memenuhi kelima unsur berikut :

a. Saling ketergantungan positif:

     yaitu anggota tim terikat untuk bekerja sama

satu sama lain dalam mencapai tujuan pembelajran. Jika ada anggota tim yang gagal mengerjakan bagiannya, setiap orang anggota tim lainnya akan memperoleh konsekuensinya. (swim orsink together)

b. Tanggung jawab individu

      yaitu seluruh siswa dalam tim bertanggung jawab untuk mengerjakan bagian tugasnya

sendiri serta wajib menguasai seluruh

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline