Pembelajaran Kooperatif dan Teori
Interdepedensi Sosial
Pembelajaran kooperatif yangd ikonstruksi oleh hubungan antara teori, riset dan pelaksanaan. Pada tulisan ini penulis berusaha memberikan gambaran pembelajaran kooperatif yang lebih memadai dengan menonjolkan komponen-komponen di dalamnya serta mengangkat teori interdepensi social sebagai elemen penting dalam
pembelajaran kooperatif Teori Interdepedensi sosial menyediakan dasar pemikiran pada sesuatu yang akan dibangun oleh pembelajaran
kooperatif. Tulisan ini disadur dari karya dua bersaudara yaitu DW Johnson & R. Johnson.Kedua bersaudara ini merupakan pengembang pembelajaran kooperatif dengan temuannya yaitu mengenai metode Learning Together dan Constructive Contriversion. Menurut DW Johnson dan R.Johnson pembelajaran kooperatif tidak bisa disamakan dengan pembelajaran kelompok, pembelajaran kelompok akan terlihat layaknya pembelajaran kooperatif jika memenuhi kelima unsur berikut :
a. Saling ketergantungan positif:
yaitu anggota tim terikat untuk bekerja sama
satu sama lain dalam mencapai tujuan pembelajran. Jika ada anggota tim yang gagal mengerjakan bagiannya, setiap orang anggota tim lainnya akan memperoleh konsekuensinya. (swim orsink together)
b. Tanggung jawab individu
yaitu seluruh siswa dalam tim bertanggung jawab untuk mengerjakan bagian tugasnya
sendiri serta wajib menguasai seluruh