Lihat ke Halaman Asli

Hari Satria

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Tips dan Cara Mahasiswa Perantauan Dalam Mengelola Keuangan Selama Kuliah

Diperbarui: 29 Juni 2024   16:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://gemasurya.com

Editor : Hari Satria

Bagi mahasiswa khususnya mahasiswa perantauan, pengelolaan keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar pendapatan dan pengeluaran selama masa perkuliahan seimbang. Banyak hal yang harus diperhitungkan oleh mahasiswa perantauan, mulai dari biaya kos, uang makan sehari-hari, uang jajan di kampus bahkan bagi mahasiswa yang jarak kosnya jauh dari kampus harus menyediakan biaya untuk ongkos selama perkuliahan. Seringkali terdapat pengeluaran yang tidak terduga yang mana keuangan kita sebelumnya seimbang menjadi tidak teratur karena pengeluaran dadakan yang tidak terkontrol. Untuk itu, sebagai mahasiswa kita harus mempunyai tips dan cara sendiri untuk mengelola keuangan agar tidak terjadi ketidakseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran tersebut. Tidak jarang mahasiswa perantauan harus merelakan jatah makannya sehari-hari yang biasanya makan dengan lauk yang enak tetapi pada saat-saat tertentu diganti dengan mie dikarenakan keuangan yang tidak mencukupi sebagai akibat dari pengeluaran yang tidak terkontrol.

Seiring dengan perkembangan zaman, mahasiswa sekarang identik dengan yang namanya nongkrong di cafe atau tempat-tempat lain yang menurut mereka bagus, nyaman, dan enak, baik itu dilakukan sendiri ataupun bersama-sama dengan teman-teman kampus. Hal ini bukan merupakan kebutuhan yang penting bagi mahasiswa,tetapi hanya  karena mengikuti gaya hidup orang lain dan juga gengsi yang tinggi. Ini juga menjadi penyebab keuangan tidak terkontrol apalagi bagi mahasiswa perantauan yang jatah uangnya ditentukan oleh orangtua selama sebulan. Bagi mahasiswa perantauan yang memiliki pekerjaan sampingan atau orangtua yang memberikan uang lebih banyak, mungkin ini tidak menjadi masalah. Tetapi bagi mahasiswa perantauan yang tidak memiliki pekerjaan sampingan dan uang yang dkirimkan orangtua pas-pasan, maka hal ini akan menjadi masalah. Jika uang tersebut lebih dulu habis, maka harus ada hal lain yang dikorban,seperti jatah makan. Jika hal tersebut sering terjadi, maka akan berdampak juga terhadap kesehatan tubuh mahasiswa yang sering memakan makanan kurang sehat akibat kekurangan uang.Padahal seharusnya bisa makan makanan sehat jika tidak mementingkan gaya hidup nongkrong tersebut.

Untuk itu, mahasiswa harus memiliki tips dan cara mengelola keuangan selama masa perkuliahan khususnya bagi mahasiswa perantauan. Adapun tips dan cara yang dapat dilakukan yaitu :

  • Membuat rincian keuangan setiap awal bulan
  • mengelompokkan keuangan, mulai dari hal yang sangat penting yang menjadi prioritas sampai kepada hal-hal yang tidak terlalu penting
  • Menyiapkan uang simpanan untuk hal-hal yang belum diketahui akan terjadi kedepannya agar tidak mengganggu kebutuhan yang penting
  • Jika masih memiliki sisa uang setelah mengelompokkan uang tersebut, maka boleh sekali-sekali untuk nongkrong atau berkumpul dengan teman-teman untuk refreshing otak selama perkuliahan.

Berdasarkan hal diatas, maka dapat dikatakan bahwa mengelola keuangan dengan baik merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa perantauan agar terjadi keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran selama perkuliahan.

Sekian tips dan cara yang dapat penulis bagikan khususnya bagi mahasiswa perantauan. Semoga dapat membantu dalam mengelola keuangan, terima kasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline