Lihat ke Halaman Asli

Mengenal UMKM di Desa Terpencil yang Berada di Dusun Orong Lombok Barat

Diperbarui: 28 Juni 2024   11:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di dusun orong kecamatan lingsar lombok barat, dok. pribadi

Hardiawan (2206060052)

Dalam pengelolaan semua jenis usaha di perlukan berbagai macam ilmu dan informasi agar roda oprasional usaha tetap berjalan,salah satunya iyalah pencatatan keuangan rod bisnis terus berputan di perlukan pencatatan yang baik dan benar.

Menurut shinta wulan dari (2023:7) untuk menuju ke arah kesuksesan seorang pengusaha harus mengetahui beberapa aturan dalam berbisnis tidak tertulis namun harus di patuhi di antaranya

1. perilaku modal usaha
 
2. pemisahan uang pribadi dengan uang usaha

3. klasifikasi usaha dengan benar

4. minimal mempunyai pencatatan data aktivitas usaha berupa,buku kas tabelarin,buku catatan piutang,buku persediaan,buku hutang,buku penjualan ,buku pembeliandan perhitungan aktiva tetap

recommended by

IMMACULATE SKIN
Wanita 68-an asal Denpasar dengan Baby Face Pakai Ini sebelum Tidur
PELAJARI LEBIH

Dusun orong,lingsar,lombok barat merupakan salah satu tempat yang cukup jauh dari perkotaan untuk meningkatkan jual beli dalam suatu usaha.namun,meskipun begitu bagi ibu siti aisyah tetap memutuskan untuk berjualan pelecing,rujak,lauk,kopi,senack dll.

Dengan modal awal Rp.3.000.000 untuk membeli segala perlengkapan seperti toples, rak rakan,meja,termos,dan peralatan lainnya.kemudian untuk modal jual dagang sebesar Rp. 900.000 sampai Rp.1.000.000 dan untuk penghasilansebesar Rp.500.000/hari dan dari modal Rp.1.000.000 tersebut bisa di jual selama semiggu penjualan dengan rata rata Rp.300.000 di luar modal.dan ibu siti sudah berjualan selama 2 tahun dan mampu melunaskan utang utangnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline