Lihat ke Halaman Asli

Hardiman

azman.hrd

Mahasiswa KSM Tematik Unisma Bantu Kegiatan Posyandu di Desa Penyengat

Diperbarui: 24 Agustus 2021   10:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kontribusi Mahasiswa KSM di Posyandu (Dokpri)

Pos Pelayanan Terpadu atau yang biasa disebut Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana. Kegiatan posyandu ini dilakukan setiap sebulan sekali. 

Walaupun dalam kondisi pandemi covid-19 ini kegiatan masih berjalan sebagaimana mestinya tetap dengan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak. Kegiatan ini juga didampingi oleh bidan yang menggunakan APD.

Kegiatan pelayanan posyandu ini dilakukan pada hari kamis, 12 Agustus 2021 pukul 08.00 WIB yang terdiri dari 35 balita diwilayah RT.001, kelurahan Penyengat, kecamatan Tanjungpinang Kota. 

Pelayanan yang dilakukan di posyandu ini untuk para balita mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, imunisasi dan pemberian vitamin bagi balita.

Mahasiswa KSM UNISMA Membantu Penimbangan Balita (Dokpri)

Orang tua dan juga balita diwajibkan menggunakan masker saat berada di lokasi, dan juga sebelum masuk ke lokasi disediakan handsanitizer. Selanjutnya dilakukan pendaftaran dan orang tua balita dipersilahkan duduk sembari menunggu antrian dengan menggunakan jarak di setiap kursinya. 

Setelah menunggu antrian, balita pun mulai di periksa satu persatu dan di akhir hasil pemeriksaan dicatat di dalam buku KIA atau KMS dan juga diberikan vitamin dan bubur untuk balita tersebut.

Kegiatan posyandu ini sangat penting bagi orang tua balita. Sebab, dengan kegiatan ini dapat membantu orang tua dalam memonitoring perkembangan kesehatan buah hati mereka secara optimal. Mengingat besarnya manfaat dari kegiatan posyandu, diharapkan kegiatan posyandu tetap berjalan sebagaimana mestinya walaupun dalam kondisi yang seperti sekarang ini, tetap harus melaksanakan protokol kesehatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline