Lihat ke Halaman Asli

Guru Pendidikan adalah juga Pahlawan Iman

Diperbarui: 4 Juni 2024   19:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi guru pendidikan adalah juga pahlawan iman. (Sumber gambar: Pexels.com/Yan Krukau)

Sampai hari ini, pepatah "pahlawan tanpa tanda jasa" masihlah banyak dicita-citakan orang. Tak terkecuali oleh orang-orang Kristen, di mana banyak yang berkeinginan menjadi guru.

Baik guru di sekolah negeri maupun di swasta. Guru adalah bagian terpenting dalam proses belajar mengajar bagi anak-anak, baik mengajar di jalur pendidikan formal maupun non-formal.

Dalam hal ini menjadi Guru Pendidikan Agama Kristen (selanjutnya disingkat: GPAK) di kalangan orang Kristen adalah sebuah profesi kerja yang bukan saja hanya berkelas dipandang, namun juga dipandang sebagai panggilan Allah dalam melayani.

Sandy Ariawan berkata: "Menjadi Guru Pendidikan Agama Kristen (GPAK) adalah bagian dari kehidupan umat percaya yang dipanggil secara khusus oleh Allah untuk melayani."

Panggilan menjadi guru PAK adalah bagian dari karunia Ilahi di dalam Kekristenan. Itulah sebabnya rasul Paulus berkata dalam Roma 12:7, demikian: "Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar;" Guru identik dengan mengajar.

Dalam Kekristenan tentulah yang diajar berkaitan dengan kebenaran firman Tuhan. Namun dalam perjalanannya, seorang guru PAK tidak selalu berperan seperti sedia kalanya.

Ada sebagian guru-guru PAK yang memanfaatkan panggilannya atau profesinya hanya untuk mencari nafkah semata. Di sebagian STT-STT misalnya, pernah satu kali penulis bertanya kepada salah seorang teman penulis, "Mengapa lebih memilih jurusan PAK? Apa motivasi memilih jurusan tersebut?" jawabnya: "Saya memilih jurusan PAK supaya saya bisa bekerja nantinya sebagai guru dan hidup bisa terjamin jika lulus ujian CPNS bagian keguruan agama Kristen."

Dengan jawaban tersebut, dapatlah kita simpulkan sementara bahwa sebagian orang yang telah menjadi guru PAK, tidaklah selalu memiliki tujuan atau motivasi yang murni sesuai panggilan Allah, bukan?

Selanjutnya penulis akan mengelaborasi apa dan bagaimana Guru Pendidikan Agama Kristen (GPAK) itu? Penulis memberi judul atas artikel ini, yakni: "GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (GPAK) adalah Pahlawan Iman".

Apa dan Bagaimana Menjadi Guru Pendidikan Agama Kristen (GPAK) Sebagai Pahlawan Iman

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline