Lihat ke Halaman Asli

Hapni Istiqomah

Mahasiswa Teknik Industri

Mahasiswa Bantu Pelaku UMKM Arum Manis Perbaiki Sistem Pemasaran dengan Digital Marketing dan Up-grade Packaging

Diperbarui: 10 Agustus 2021   14:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi 

Brebes (05/08/2021) -- Pandemi COVID-19 sangat berdampak pada ekonomi masyarakat. Dampak tersebut dapat dirasakan oleh semua sector usaha termasuk Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Seperti yang dirasakan oleh Pak Taman, selaku pelaku UMKM Arum manis di desa Bangsri, Bulakamba, Brebes "Pandemi ini memiliki dampak yang sangat besar bagi usaha kami, terutama pada jumlah penjualan yang menurun drastis".

Hal tersebut melatarbelakangi Hapni Istiqomah, seorang mahasiswa Teknik Industri, Universitas Diponegoro Semarang untuk memutar otak, mencari solusi yang dapat membantu usaha Arumanis Pak Taman agar bisa survive di tengah persaingan pada masa pandemi covid-19 ini. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai program utama dalam KKN TIM II UNDIP 2020/2021 yang berlangsung secara mandiri di desa Bangsri, Bulakamba, Brebes.

Berdasarkan permasalahan yang ada, pelaku UMKM masih menggunakan sistem pemasaran langsung dengan melakukan distribusi rutinan dalam memasok dagangannya ke swalayan-swalayan sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta. Permintaan pasar atau penjualan yang menurun 50%-60% menyebabkan biaya distribusi tidak seimbang dengan penghasilan yang didapatkan. Selain itu packaging yang kurang menarik menjadi salah satu kelemahan produk arum manis pak Taman, hal tersebut sangat berpengaruh dalam menarik perhatian pelanggan, terlebih seperti persaingan dimasa pandemic ini.

Program yang diangkat dalam membantu usaha Arum manis Pak Taman ini adalah Digitalisasi Marketing dan Upgrading Packaging UMKM Arumanis. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat membantu mengenalkan digital marketing pada pelaku usaha dan memberikan ide terkait packaging yang baru. Selain itu, dibuatkan juga akun-akun media social seperti akun penjualan di shopee, dan facebook sebagai media pemasaran yang baru. Adanya program ini juga memberikan kesempatan kepada pelaku usaha untuk mengetahui dasar-dasar ilmu tentang aspek penting produk dan pentingnya packaging yang menarik pasar.

Penulis : Hapni Istiqomah -- Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik

Dosen Pembimbing : Dr. Aminah, S.H., M.Si.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline