Jangli, Semarang (21/07/2022) -- Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro, Hanun Aisyah (21) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik telah melaksanakan salah satu kegiatan program kerja mono disiplin yaitu "Sosialisasi Penggunaan Kemasan Ramah Lingkungan sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Sebuah Produk". Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan pada acara Bazar UMKM pada tanggal 24 Juli 2022 di parkiran SMPN 17 Semarang dan dihadiri oleh pelaku UMKM Kelurahan Jangli.
Apakah Anda tahu kata Eco-Friendly? Ya, secara harfiah berarti ramah lingkungan atau tidak berbahaya bagi alam dan lingkungan. Produk yang ditandai dengan label ramah lingkungan biasanya dapat terurai secara hayati, mengurangi polusi dan limbah. Istilah itu sendiri sudah umum di banyak jenis produk, termasuk kemasan.
Seiring tumbuhnya kesadaran konsumen, kemasan ramah lingkungan tampaknya dapat menjadi nilai plus sebuah produk karena dengan begitu sebuah bisnis telah membantu mengurangi limbah sampah plastik.
Karena itu, banyak penjual sekarang mempromosikan produk mereka dengan mengklaim bahwa mereka 100% ramah lingkungan. Meskipun produknya benar-benar ramah lingkungan, kemasan yang digunakan sering kali masih mengandung lapisan plastik dan mika.
Alasannya mungkin karena kemasan tahan air. Akibatnya, kemasan tidak lagi ramah lingkungan karena masih menggunakan plastik. Untuk mengatasi masalah tersebut, mahasiswa tim KKN II dari Universitas Diponegoro mengadakan sosialisasi dengan para pelaku UMKM di Kecamatan Jangli, Semarang.
Sasaran program ini yaitu pelaku UMKM di kelurahan Jangli. Pelaksanaan program tersebut dengan memaparkan materi tentang kemasan ramah lingkungan yang dapat digunakan oleh bisnis UMKM menggunakan media poster, kemudian menyarankan pelaku UMKM untuk menggunakan kemasan yang tidak menggunakan plastik. Pelaku UMKM kelurahan Jangli merespon positif sosialisasi ini dan diharapkan kedepan nya pelaku UMKM menggunakan kemasan ramah lingkungan.
Keberhasilan program ini dilihat dari keterlibatan dan perubahan perilaku pelaku UMKM dalam mengemas produk mereka dengan menggunakan kemasan ramah lingkungan. Adanya program sosialisasi Tim KKN ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk UMKM.
Penulis: Hanun Aisyah/Administrasi Bisnis/Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
DPL: Imam Setyawan, S.Psi., M.A.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H